Manfaat Media Sosial



Tahun pertama kali berkembangnya internet di dunia ini, muncul lah sosial media, sejak saat itu interaksi sosial masyarakat semakin canggih dan mengagumkan.

Disadari atau tidak, tentu ini akan mempengaruhi individu sebagai pemakai media tersebut. Yang perlu Anda pahami, dampak dari media sosial tidak hanya pada perilaku tapi juga berpengaruh pada kondisi psikologis individu.

Sekarang ini, Pengguna sosial media tidak hanya lagi untuk orang dewasa dan kaum remaja saja. Tetapi telah merambah sampai kelompok usia dini seperti anak-anak, termasuk anak sekolah.

Semua itu sudah tampak terlihat dimana siswa usia sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama dan atas sudah pasti mengenal yang namanya facebook dan twitter.

Terlebh lagi banyak yang mempunyai akun kedua media sosial tersebut. Secara otomatis mereka menjadi pemakai kedua media sosial tersebut yang aktif setiap saat.

Tapi, ini tidak perlu Anda khawatirkan.  Semua hasil kemajuan ilmu pengetahuan dan juga teknologi akan  memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat manusia di dunia. Tapi tidak bisa dipungkiri, dampak negatif dari semua itu pasti ada. Nah, disanalah peranan Anda sebagai orangtua untuk mengawasi dan membimbing anak dalam memakai media sosial.

Manfaat Media Sosial yang Harus Anda Ketahui

Anda sebagai orang tua tidak perlu risau mengenai beberapa dampak negatif yang bisa saja terjadi pada anak. Namun, jika Anda mengurus mereka dengan baik, maka anak Anda akan terkena dampak positiv dari pemakaian sosial media, di antaranya :
Media dan sumber belajar
Anak Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sumber belajar yang efektif. Media sosial menyediakan begitu banyak informasi dan pengetahuan yang bermanfaat. Dengan hal itu anak Anda bisa memperluas dan memperkaya pengetahuan dan wawasan anak.

1. Sarana bersosialisasi dengan lingkungan luar

Dengan adanya media sosial, anak bisa belajar bagaimana membangun interaksi sosial yang baik dengan orang lain. Selain itu mereka dapat emperbanyak sahabat dan menjalin tali silaturahmi dengan banyak orang. Sebab semakin banyak teman, maka semakin banyak sambungan tali persahabatan dan silaturrahmi.
Sarana berbagi yang bermanfaat
Yang paling penting dalam pemakaian media sosial ialah saling berbagi informasi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk semua penggunya. Anak bisa saling berbagi tips, berbagi info dan panduan tentang sesuatu bahan belajar.

2. Sarana komunikasi

Ada begitu banyak orang yang memakai media sosial sebagai sarana komunikasi jarak jauh dengan keluarga dan sanak famili melalui media sosial. Selain itu  untuk mencari teman atau sahabat lama semasa sekolah dulu. Dengan melakukan komunikasi melalui media sosial sepertinya adalah cara yang lebih murah dan mudah. Ini adalah alternatif menghemat kuota internet.

3. Bisnis online

Saat ini pemakaian media sosial bisa dimanfaatkan oleh anak sebagai sarana belajar bisnis lho. Yaps.. belajar berdagang secara online, sehingga dengan cara itu akan menjadi sesuatu yang produktif bagi anak. Dengan berbisnis bisa sedkit membantu meringankan orangtua dalam membiayai pendidikan. Namun yang pasti, manfaat ini hanya berlaku untuk mereka yang minat berjualan.

Walaupun media sosial mengandung begitu banyak negatif bagi anak, tapi harus diwaspadai segala dampak negatif yang merugikan anak yah. Maka dari itu, Anda harus pintar mejaga anak dalam memanfaatkan media sosial yang ada. Sebab semuanya akan baik jika Anda sebagai orang tua mengaturnya pada yang baik.

0 Response to "Manfaat Media Sosial"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel