Game Mobile Terbaik : Chaos Ring III




Android merupakan salah satu platform yang sedang digandrungi oleh para develepor. Bukan hanya developer game indie, developer game raksasa yang sudah malang melintang ikut tergiur bermain di platform ini.

Seperti konami, gameloft, EA, dan juga Square Enix merupakan  sebagian dari nama besar itu. Square Enix mempunyai Franchise RPG yang  populer selain dari Final Fantasy ada game yang populer yang berjudul Chaos ring, salah satu RPG berkualitas di platform android, Sekarang ini telah memasuk seri ke 4 nya Chaos Ring III prequel trilogy.

Sejak kemunculan Chaos Rings orisinal di iOS tahun 2010 silam, seri ini telah mengukuhkan dirinya sebagai RPG dengan kualitas console pada platform mobile. Developer Media Vision seolah-olah memacu kemampuan sebuah perangkat mobile hingga ke batasnya dengan grafis 3D menawan dan gameplay dalam yang biasanya hanya ditemukan pada console maupun PC.

Game Chaos Rings III sudah di rilis di negara jepang pada tahun 2014 yang lalu untuk Android, ios , dan PS Vita. Square Enix suda merilis game ini secara global untuk platform Android dan ios, kamu bisa dowbload di App Store Atau Play Store.

Digame Chaos Rings III pun masih mempertahankan tradisi tersebut. Namun, Chaos Rings III terasa spesial dibanding seri-seri sebelumnya karena menghadirkan berbagai fitur dan gameplay yang belum pernah ada sebelumnya. Apa sajakah hal baru tersebut? Mari simak ulasan saya lebih jauh.




Chaos Rings III bercerita tentang perjalanan seorang pemuda yang bernama Nasca untuk melanjutkan cita - cita dari mendiang ayahnya yang tidak tercapai. Walaupun nantinya kamu bisa mengganti namanya di dalam game, tapi kita sebut saja si pemuda itu dengan nama resminya di sini.

Pemuda yang bernama Nasca ini hidup di sebuah koloni luar angkasa bersama dengan adiknya Patty dan bibi mereka Dorothy, Nasca tidak pernah berhenti menatap planet Marble Blue yang terlihat di angkasa. Planet itu adalah dunia di mana para penjelajah koloni bertualang mencari persediaan dan membasmi monster, serta tempat di mana impian sang ayah berada.

Suatu hari, Nasca memutuskan untuk mengikuti jejak ayahnya menjadi penjelajah, Nasca pergi ke kota dengan tujuan untuk mengikuti tes setelah mendapatkan restu dari Dorothy. Di kota itulah ia bertemu dengan Daisuke dan Leary yang sama-sama mengikuti tes.

Walau mempunyai tujuan berbeda, ketiga remaja tersebut akhirnya membentuk satu tim penjelajah dan saling mendukung mimpi satu sama lain. Disaat itulah petualangan mereka di Chaos Rings III dimulai. Tanpa disangka pula, perjalanan mereka di Marble Blue berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih besar dari tujuan semula.




Di game Chaos Rings III masih mempertahankan berbagai elemen yang ada pada game orisinalnya. Kamu masih akan menemukan RPG dengan grafis 3D menawan, sistem pertarungan turn-based, dungeon untuk dijelajahi, pilihan karakter yang berjumlah banyak, dan berbagai hal familier lainnya. Namun, kamu juga akan menemukan berbagi hal baru di sini.

Pada game Chaos Ring III terdapat beberapa fitur baru, kamu akan disuguhkan kartu-kartu yang harus kita cari dan nanti harus kita naikkan levelnya. Kartu-kartu ini juga bisa kombinasikan dengan kartu lain agar bisa menghasilkan kartu yang lebih kuat. Bisa juga dengan penggabungan beberapa material yang nantinya akan kita ubah menjadi kartu rare.

Kartu ini memegang peranan yang sangat vital. Kuat atau tidaknya character kita tergantung dari seberapa langka kartu yang kita dapatkan. Dalam game ini ada yang namanya Team Level, team level akan naik setiap kamu menemukan kartu baru, sama seperti game sebelumnya, sistem atribut juga berlaku di game ini.

Terdapat 2 mode dalam  game ini, Story Mode yang memungkinkan kita melanjutkan progres game dan Battle Mode untuk Grinding item-item langka / uang.




Salah satu yang Jagoan Game suka dari seri Chaos Rings III ini adalah skema kontrol game yang sangat nyaman dimainkan di platform mobile. Skema maupun posisi tombol virtual selama permainan sangat mudah diakses dan ditampilkan dengan jelas. Saya bahkan dapat memainkan seri Chaos Rings sebelumnya hingga tamat hanya dengan menggunakan sebelah tangan saja.

Hal yang hilang dari skema kontrol Chaos Rings III adalah kemampuan untuk sepenuhnya bernavigasi dengan sebelah tangan. Kemampuan mengubah sudut pandang 720 derajat membuatnya membutuhkan kendali dua tangan untuk mengatur sudut pandang selama permainan. Namun, penyesuaian ini dilakukan cukup baik dengan hasil yang sebanding dengan kompleksitas yang ada.

Setidaknya ada dua hal yang benar-benar terasa segar di iterasi keempat ini. Hal pertama yang langsung saya lihat adalah perubahan sudut kamera. Apabila seri Chaos Rings sebelumnya menggunakan sudut kamera statis, maka Chaos Rings III melakukan perombakan besar dengan membebaskan sudut kamera sesuai kehendak pemain.

Kebebasan mengatur sudut pandang ini diperoleh berkat dunia Chaos Rings III yang telah menggunakan grafis 3D secara penuh. Walaupun seri sebelumnya telah menggunakan jenis grafis serupa, namun penerapannya di dalam game masih dibatasi sehingga seolah kita sedang melihat grafis 2,5D.





Hal baru kedua yang saya temukan adalah sistem gen dalam wujud kartu. Bila pada seri-seri sebelumnya gen ini didapatkan dengan mengumpulkan gen monster, sistem pada Chaos Rings III mengharuskan pemain untuk mencari kartu dan meningkatkannya dengan poin EXP. Mereka juga bisa digabung dengan kartu lain untuk menghasilkan jenis yang lebih kuat.

Salah satu yang membuat seri Chaos Rings III bisa disejajarkan dengan RPG pada console adalah lama gameplay di game tersebut. Sebagai perbandingan, saya membutuhkan waktu sedikitnya satu bulan dengan lama permainan sekitar dua jam setiap harinya untuk menamatkan Chaos Rings orisinal dulu.

Chaos Rings III juga membutuhkan lama gameplay yang tidak bisa dibilang sedikit. Developer menyebutkan sekitar lima puluh jam gameplay untuk dapat menamatkan game ini. Waktu selama itu bisa tercapai berkat berbagai misi yang membuat pemain mengunjungi suatu dungeon berulang kali.

Apabila kamu ingin mencari selingan saat menjelajahi Marble Blue, maka Chaos Rings III juga menyediakan satu pilihan mode permainan lain yaitu Battle Mode. Mode ini akan mengizinkan pemain untuk mengalahkan berbagai kelompok monster pada sebuah arena duel tanpa harus mengunjungi dungeon.

Menariknya, baik Battle Mode maupun mode utama didesain saling terhubung. Kamu bisa menggunakan semua kemampuan yang telah diperoleh pada mode utama di Battle Mode, dan begitu pula sebaliknya. Poin EXP maupun semua item yang diperoleh pada Battle Mode juga bisa digunakan pada mode utama sehingga petualangan di Marble Blue menjadi lebih mudah.

Saya kira hampir semua orang akan setuju, Chaos Rings III bisa dikatakan sebagai salah satu RPG dengan grafis terbaik pada platform mobile. Tampilan poligon yang halus, warna yang cerah, kamera yang dinamis, dan berbagai hal lainnya membuat Chaos Rings III pantas menyandang predikat tersebut.

Kualitas grafis yang sedemikian bagus tersebut menurut saya bisa disejajarkan dengan RPG klasik pada console PS2 sekalipun. Mungkin itu juga sebabnya Square Enix merilis seluruh seri Chaos Rings di mobile ke console handheld PS Vita.

Dalam masalah menggarap sebuah game, memang Square Enix tidak pernah main-main, Rpg buatannya sama seperti seri-seri keluaran Square Enix yang lain, Chaos Ring III memiliki kualitas backsound yang sangat nyaman didengar ditelinga, inilah yang membuat point plus dari game keluaran Square Enix, Character Voicenya yang berbahasa jepang terasa natural dan ekspresif sekali, walaupun kamu tidak mengerti bahasa jepang kamu pasti akan mengerti apa yang diekspresikan oleh character tanpa membaca text inggrisnya. Game ini mempunyai soundtrack yang dinyanyikan oleh penyayi asal Jepang Nitta Emi.




Game yang dikembangkan dari square enox yg berjudul Chaos Rings sejak dulu dirilis sebagai game berbayar dengan banderol ratusan ribu rupiah, Iterasi keempat ini masih mempertahankan skema penjualan serupa dengan harga di atas Rp 339.000. Harga ini mungkin terasa sangat mahal bagi kebanyakan gamer mobile. Namun, pengalaman bermain RPG yang akan didapatkan dari harga itu cukup sepadan.



Download : Play Store Size 2,2 Gb




0 Response to "Game Mobile Terbaik : Chaos Ring III"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel