Gundam Breaker: Mobile Sudah Resmi Rilis !!

0
118
No ratings yet.
Jagoangame.com – Setelah sekian lama menunggu akhirnya datang juga kabar gembira buat para penggemar gundam, sekarang Game Gundam Breaker: Mobile sudah bisa kamu mainkan !! Gundam Breaker: Mobile sudah resmi rilis, kamu bisa download di Play Store atau App Store, kamu bisa menikmati serangkaian petualang yang seru.

Gundam Breaker: Mobile tidak mengadopsi cerita anime Gundam. Jadi, jangan terlalu berekspektasi jika game ini akan membawa kisah fantastis Amuro Ray sebagai pilot RX-78-2 atau pilot Gundam ikonis lainnya. Sesuai judulnya, game ini berfokus pada Gunpla (mainan/model plastik Gundam).

Dari segi cerita, game ini memang tidak menawarkan sesuatu yang istimewa. Kalian akan dihadapkan dengan penyajian cerita ala game visual novel serta berbagai pilihan jawaban. Sayang, alternatif pilihan jawaban tersebut tidak berpengaruh terhadap jalan cerita yang linear.

Secara keseluruhan, Gundam Breaker: Mobile berkisah tentang perjalanan karakter yang kalian mainkan untuk mencegah dibubarkannya klub ekskul Gunpla SMA. Sebagai anggota baru, kamu pun dibebankan misi untuk menjadi petarung Gunpla terhebat agar klub tidak bubar. Meski enggak istimewa, ceritanya orisinal dan cukup menarik untuk diikuti seiring perjalanan kalian memainkannya.

Secara gameplay, Gundam Breaker: Mobile mengadopsi seri Gundam Breaker yang ada di platformkonsol. Sama seperti action-RPG lainnya, game ini mengombinasikan elemen role playing dan aksi tarung dengan mekanisme hack and slash.

Elemen role playing akan kamu dapatkan lewat kreasi merakit serta upgrade Gunpla. Karakter serta part yang kamu gunakan untuk merakit juga akan naik level seiring progress game. Gunpla yang sudah kalian rakit akan kalian gunakan untuk bertarung dengan musuh. Nantinya, kalian bertarung mengikuti cerita dan misi yang diberikan.

Gundam Breaker: Mobile mengadopsi mekanisme tarung hack and slash. Namun, format tarung tersebut harus diakui menjadi salah satu titik lemah di game ini. Ada dua faktor yang bikin sistem tarung game ini terasa kurang nikmat. Pertama, mekanisme hack and slash-nya enggak seperti game-game sejenis pada umumnya.

Dibanding menggunakan tombol/ikon yang ada di layar, Bandai Namco justru memilih menggunakan mekanisme swipe sebagai cara utama untuk bergerak dan menyerang. Gunpla yang kalian kendalikan akan mendekati musuh dengan dua kali swipe, serta dua kali swipe lagi untuk melancarkan serangan. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan skill dengan memencet tombol/ikon yang ada di bawah layar.

Sementara itu, kalian juga bisa menahan serangan musuh dengan memencet tombol yang ada di bagian bawah di sisi kiri layar. Seperti game hack and slash pada umumnya, Gundam Breaker: Mobile juga menyediakan opsi Auto-Attack jika kalian enggan melakukannya sendiri.

Harus diakui, adanya opsi Auto-Attack membuat game ini selamat dari sindiran pedas. Pasalnya, mekanisme swipe bisa dikatakan terlalu sederhana sehingga membuat aksi tarung Gunpla yang seharusnya terasa bagus menjadi biasa aja.

Keasyikan bertarung justru makin berkurang gara-gara faktor kedua, yakni game yang dimainkan secara vertikal. Sebenarnya keputusan Bandai Namco menggunakan format ini bisa dimengerti demi menyederhanakan kontrol agar game bisa dimainkan dengan satu tangan.

Akan tetapi, kenyamanan kontrol menjadi aspek yang harus dikorbankan dari penggunaan view vertikal tersebut. Menggunakan satu tangan ternyata enggak senyaman dan seasyik yang dibayangkan. Saat bermain, jari seakan jadi sangat besar karena ruang yang sempit untuk melakukan swipe.

Kelemahan lain yang tampak di Gundam Breaker: Mobile adalah masih minimnya mode permainan yang ditawarkan. Hingga ulasan ini terbit, cuma ada total enam mode yang tersedia. Itu pun baru empat mode yang bisa dimainkan, yakni Tutorial Mission, Story Mission, Free Mission, dan Daily Mission. Sementara itu, pada mode Event dan Arena masih belum bisa dimainkan.

Di luar Tutorial dan Story Mission yang jadi mode permainan utama, tersisa Free Mission dan Daily Mission sebagai alternatif. Mode Free Mission bisa kalian jadikan alternatif untuk mendapatkan part tambahan di luar misi utama atau gacha. Sementara itu, Daily Mission berperan sebagai ladang item upgrade untuk part.

Untuk saat ini, tidak ada, atau setidaknya belum ada, mode online atau kompetitif di game ini. Absennya kompetisi membuat game ini berpotensi mengulangi kesalahan game hack and slash pada umumnya, yakni repetisi.

Selain itu, adanya sistem gacha membuat aspek pay-to-win terasa kental. Namun, cukup aneh jika menyebut game ini pay-to-win di saat mode kompetitif masih absen. Untuk itu, rasanya mubazir jika kalian total menghabiskan uang demi mendapat part bagus dari gacha, kecuali jika memang tujuan utama kalian bermain game ini untuk mengoleksi Gunpla (digital).

Saat bermain untuk pertama kalinya, kalian akan mendapatkan sembilan part berbeda secara acak lewat sistem gacha yang diberikan secara gratis. Part tersebut terdiri dari bagian kepala, badan, tangan, kaki, senjata (melee dan ranged), perisai, backpack, dan AI (pilot persona) yang harus disusun untuk menjadi satu kesatuan Gunpla. Tiap part juga memiliki skill tersendiri yang bisa kalian pilih untuk digunakan saat bertarung.

Kalian pun juga meningkatkan kemampuan Gunpala dengan sistem upgrade pada tiap part-nya. Upgrade level bisa kalian lakukan dengan terus bertarung atau secara manual dengan menggunakan item khusus upgrade. Selain upgrade level, kalian juga bisa meningkatkan kemampuan part dengan upgrade tier-nya.

Harus diakui, elemen kustomisasi inilah yang membuat Gundam Breaker: Mobile jadi istimewa. Sebab, ada banyak hal yang bisa kalian lakukan saat merakit Gunpla. sensasi merakit secara virtual menjadi keunggulan utama game ini. Sebab, game ini membuat kalian merasakan betapa bebasnya merakit mainan Gundam yang mungkin kalian tidak bisa rasakan di dunia nyata.

Karena tiap part dipisah, kalian pun bisa merakit Gunpla secara custom. Sebagai contoh, kalian bisa menggunakan variasi kepala RX-78-2 dengan badan Zaku II, tangan Unicorn, kaki Exia, senjata Barbatos, hingga sayap (backpack) Wing Gundam.

Selain itu, tiap part juga punya trait masing-masing. Ada tiga trait yang bisa kalian pilih untuk menentukan karakteristik Gunpla rakitan, yakni Power, Speed, dan Technique.

Sayangnya, variasi pada kustomisasi sedikit ternoda oleh minimnya opsi pada pemilihan warna. Kalian enggak bisa mewarnai Gunpla kalian sesuka hati. Sebab, pemilihan warna ditentukan oleh koleksi part Gunpla yang telah kalian kumpulkan hingga lengkap. Contohnya kalian sudah mengumpulkan kesembilan part Gundam Exia. Barulah kalian akan mendapatkan set warna tersebut.

Bagi kalian yang awam soal segala sesuatu tentang Gundam, hal ini mungkin terasa biasa aja. Namun, penggemar setia Gundam pastinya mengerti betapa asyiknya sensasi merakit Gunpla secara bebas, terutama buat mereka yang tak bisa melakukan semuanya di dunia nyata.

Gundam Breaker: Mobile memberikan treatment yang baik kepada penggemar setia Gundam berkat visualisasi model plastik yang cukup detail. Namun, secara keseluruhan game ini kurang mampu memanjakan mata karena grafis dan animasi yang tampak “kasar”. Terutama jika sudah masuk ke dalam mode pertarungan.

Sebagai catatan, ada dua opsi kualitas visual yang diberikan oleh game ini. Pertama, ada Light Mode untuk grafis berkualitas rendah, sedangkan yang kedua Standard Mode untuk grafis yang lebih optimal.

Mode Light dapat dipilih saat kalian ingin memaksimalkan gameplay tanpa memedulikan visual. Sayang, di mode ini, kualitas visual terasa kurang sehingga mau tak mau jadi memilih mode Standard.

Ironisnya, mode ini menuntut smartphone yang kalian gunakan untuk bekerja lebih keras. Kondisi inipun membuat baterai akan terkuras lebih cepat serta smartphone lebih gampang panas. Selain itu, grafis yang ditampilkan juga jadi tampak lebih kasar.

Sementara itu, tak ada yang istimewa dari efek suara. Sangat disayangkan Bandai Namco tidak menyisipkan seiyuu karakter seri anime Gundam di dalam permainannya. Padahal, ada beberapa momen seperti animasi saat menggunakan skill yang bakal terasa mantap dengan hadirnya para pengisi suara.

Hasrat penggemar akan game mobile Gundam memang sudah terpenuhi dengan adanya Gundam Breaker: Mobile. Akan tetapi, harus diakui game ini masih jauh dari kata sempurna. Walau begitu, besar kemungkinan Bandai Namco akan memperbaiki kekurangan lewat update yang akan datang.

Link Download
 

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here