Platform Cloud Gaming Google Stadia Siap Dirilis

0
91
No ratings yet.

Jagoangame.com – Google akhirnya memenuhi janjinya setelah pada Maret lalu sempat merilis teaser mengenai Google Stadia, layanan ini akan siap dinikmati November mendatang.

Banyak pihak yang sepertinya yakin bahwa pada akhirnya, semuanya akan tertuju pada konsep Cloud Gaming. Bahwa tidak lagi harus terkunci pada satu hardware spesifik, gamer akan bisa mencicipi game favorit mereka kapapun dan dimanapun mereka mau. Game disajikan lewat proses streaming dari cloud dan gamer hanya perlu memberikan input lewat kontroler terpisah atau bahkan, layar sentuh untuk bisa menikmatinya. Layanan seperti ini akan membuat game super berat sekalipun bisa dimainkan di semua perangkat pintar, dari notebook kerja hingga smartphone sekalipun. Sempat menggoda lewat “Project Stream” mereka beberapa waktu lalu, Google akhirnya resmi terjun ke dalam pasar ini.

Fokus gaming Google akan disalurkan via layanan yang disebut sebagai Google Stadia. Seperti yang bisa diprediksi, ia merupakan platform cloud gaming yang akan menyajikan video game ke perangkat Anda lewat proses live-streaming. Konsepnya tidak sekedar memungkinkan Anda untuk memainkan game keren dimanapun dan kapanpun saja, tetapi juga mengintegrasikannya dengan platform multimedia lain, seperti Youtube misalnya. Google berambisi untuk membuat gamer bisa langsung meloncat masuk dan mencicipi game yang trailernya, baru saja mereka lihat di Youtube. Beberapa publisher juga dipastikan akan mendukung layanan ini termasuk 2K Games, Square Enix, dan Ubisoft.

Bersama dengan layanan ini, Google juga menawarkan satu kontroler terpisah yang bisa dipadupadankan dengan Chromecast. Di dalam kontroler yang bentuknya ergonomis tersebut, fungsi seperti Google Assistant dan Share akan disertakan, bersama dengan slot USB-C untuk charging. Tidak berhenti sampai di sana, Google juga resmi mengumumkan studio baru – Stadia Games dan Entertainment yang akan diposisikan sebagai developer untuk game-game eksklusif Stadia. Namun sayangnya, mereka belum berbagi detail kira-kira proyek perdana seperti apa yang bisa kita antisipasi.

Apa yang membuat Google Stadia layak dinantikan? Dengan layanan berbasis cloud ini, kamu bisa memainkan banyak game secara streaming di TV, komputer, hingga smartphone tanpa harus membeli perangkat yang mahal.

Untuk menikmatinya, kamu bisa memilih dua layanan, dari yang gratisan seperti paket Stadia Base maupun paket berbayar Stadia Pro yang per bulannya menarik biaya sebesar US$ 9,99.

Baca juga : Sony Playstation 5 (PS5) Akan Segera Hadir!!

Yang menarik, Google tidak banyak berbicara soal hal-hal yang tentu saja menjadi sumber kekhawatiran gamer soal konsep layanan seperti ini. Pertama? Input latency yang tentu berpengaruh soal seberapa responsif game menerjemahkan perintah Anda. Bahkan di demo utamanya, input latency Google Stadia jelas terlihat eksis di Assassin’s Creed Odyssey. Kedua? Mereka juga tidak banyak berbicara soal kebutuhan internet seperti apa yang Anda siapkan. Situs teknis gaming – Digital Foundry menyebut bahwa untuk bisa mencicipinya di resoulsi 1080p, Anda perlu mempersiapkan bandwith sekitar 25mbps. Sementara 720p60fps di sekitar angka 15mbps. Belum ada kepastian internet seperti apa yang dibutuhkan untuk memaksimalkan fitur 4K 60fps HDR yang didengungkan Google Stadia ini.

Google Stadia akan diluncurkan di tahun 2019 ini, dengan Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan beberapa negara Eropa akan tampil sebagai negara pertama yang mendapatkannya. Google belum angkat bicara soal harga yang akan ditawarkan untuk layanan ini. Tertarik?

Bukan cuma itu saja, kamu juga bisa memesan paket Stadia Founder’s Edition seharga US$ 129 yang terdiri dari perangkat controller terbatas Night Blue Stadia, Chromecast Ultra, akses game Destiny 2: The Collection, dan Buddy Pass yang bisa kamu berikan ke teman untuk berlangganan Stadia Pro selama 3 bulan. Saat ini paket sudah bisa dipesan melalui pre-order di Google Play Store.

Bagaimana dengan game yang tersedia? Saat ini sudah terdapat 31 judul game yang bisa dinikmati, di antaranya: Dragon Ball Xenoverse 2, Doom Eternal, Doom (2016), Rage 2, The Elder Scrolls Online, Wolfenstein: Youngblood, Destiny 2, Get Packed, Grid, Metro Exodus, Thumper, Farming Simulator 19, Baldur’s Gate III, Power Rangers: Battle for the Grid, Football Manager, Samurai Shodown, Final Fantasy XV, Tomb Raider: Definitive Edition, Rise of the Tomb Raider, Shadow of the Tomb Raider, NBA 2K, Borderlands 3, Gylt, Mortal Kombat 11, Darksiders Genesis, Assassin’s Creed: Odyssey, Just Dance, Tom Clancy’s Ghost Recon: Breakpoint, Tom Clancy’s The Division 2, Trials Rising, danThe Crew.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here