Review Black Desert Mobile

0
383
5/5 (13)

Jagoangame.com – Review Black Desert Mobile – Game yang telah lama ditunggu-tunggu, yaitu Black Desert Mobile akhirnya sudah bisa kamu mainkan di smartphone kesayanganmu tanpa harus menggunakan aplikasi VPN lagi. Servernya sudah hadir untuk region Asia, termasuk Indonesia.
Bagi kalian yang belum memainkan game ini, lebih baik kalian segera mengunduh dan langsung main untuk merasakan keseruan di dunia Black Desert Mobile.

Baru-baru ini, kita kedatangan Black Desert Mobile. Sedikit kilas balik, versi orisinalnya, Black Desert Online, adalah MMORPG yang booming di PC dan konsol. Game besutan dari Pearl Abyss ini akhirnya mengikuti zaman. Game ini pun mengikuti jejak Ragnarok yang meluncurkan versi mobile-nya, Ragnarok M: Eternal Love yang rilis beberapa bulan lalu.

Kali ini Jagoan Game akan review black desert apakah game ini berhasil memenuhi ekpektasi banyak gamer kepada genre MMORPG yang sesungguhnya. Berikut ulasan:

Plot Black Desert Mobile

Game Black Desert Online mengusung cerita dari empat negara besar Kelpeon, Serendia, Valenos, dan Media yang dilanda wabah mematikan bernama Black Death yang dibawa salah satu pedagang asal Valencia, yang kemudian memicu peperangan selama 30 tahun antara kelima negara tersebut.

BACA JUGA:

Gameplay Black Desert Mobile

Black Desert Mobile memiliki gameplay yang mirip dengan game MMORPG serupa untuk Android, hanya saja Black Desert Mobile memiliki satu hal yang berbeda, yaitu pada game tersebut terdapat real time Arena, kamu bisa bertarung 1 vs 1 dengan pemain lainnya atau temanmu sendiri.

Saat pertama kali bermain, kalian akan dihadapkan dengan pilihan kelas Warrior, Ranger, dan Giant (Berserker) yang merupakan bawaan dari Black Desert Online. Sedangkan Witch dan Valkyrie jadi dua kelas orisinal.

Sistem autoplay menjadi ‘andalan’ seperti MMORPG sejawat. Kalian hanya perlu menekan misi yang berada di kanan layar. Maka karakter kalian akan dengan sendirinya menuju sang NPC atau lokasi dari misi tersebut.

Saat berharap ada secuil inovasi akan hadir, apa yang kami dapatkan justru sebaliknya. Semua terasa sangat standar. Misi yang ditawarkan untuk saat ini pun terbatas pada membunuh monster atau mengambil bahan. Hal ini pun memunculkan kesan repetitif yang mungkin kalian rasakan pada MMORPG mobile lainnya.

Sama seperti game lainnya, Black Desert Mobile juga memiliki fitur auto battle yang cocok bagi kamu yang sibuk dan tidak sempat untuk main game. Mungkin akan ada beberapa pemain yang tidak suka dengan kehadiran fitur auto battle ini, dan ada juga yang merasa tertolong dengan adanya fitur auto battle tersebut.

Bagi kamu yang tidak bisa game berlama-lama, kamu juga bisa mengaktifkan fitur auto hunting yang membuat karaktermu bisa tetap hunting meskipun kamu sedang tidak membuka gamenya. Hanya saja reward yang didapatkan lebih sedikit dari hunting biasa.

Fitur Black Desert Mobile

Pearl Abyss menawarkan kesegaran pada fitur permainannya. Salah satu yang paling mencolok adalah sistem berkuda. Di game Black Desert Mobile, kalian bisa mengendarai kuda untuk menjelajahi dunia terbuka yang luas dengan cepat.

Kalian pun enggak akan bisa mendapat kuda begitu saja. Ada syarat yang harus kalian penuhi untuk bisa menjinakkan kuda di lokasi tertentu. Barulah jika kalian sudah memenuhi persyaratan, kuda bisa dijinakkan.

Kamu bisa melakukan ragam aktifitas dasar untuk bertahan hidup seperti berternak, memancing, bekerja di ladang, hingga merawat kuda. Terdengar cukup menyimpang dari ekpektasi memang, tapi unsur kehidupan nyata dari game ini bahkan bisa disamakan dengan anime ber-genre Isekai. keseluruhan sistem yang ditawarkan akan menjadi lebih kompleks seiring berjalannya waktu, jadi tidak heran jika beberapa pemain merasa sedikit frustasi.

Selain itu, ada sistem camp yang menggantikan housing di Black Desert Online. Sistem ini memungkinkan pemain untuk memasang lokasi teleportasi di kota tertentu. Selain itu, pemain juga bisa memperkaya diri dengan menjual sumber daya yang dikumpulkan.

Sistem companion bernama Black Spirit yang dibawa dari versi orisinal juga membawa penyegaran jika dibandingkan dengan MMORPG mobile lainnya. Berperan sebagai partner bertualang, kalian enggak lagi harus mondar-mandir kota untuk mendapatkan atau menyelesaikan misi. Black Spirit langsung menyediakannya untuk kalian saat menyambangi area baru.

Namun, minimnya pilihan kelas untuk saat ini bisa dikatakan cukup disayangkan. Hanya ada lima kelas yang bisa kalian pilih. Padahal, Black Desert Online memiliki 17 kelas dengan fitur Awakening. Nama fitur terakhir juga bisa belum bisa dipastikan kehadirannya di versi mobile.

Salah satu fitur yang paling keren adalah pembuatan karakter. Dimana kamu bisa pilih beberapa class seperti Warrior, Ranger, Sorceress, Berserker, Wizard, dan Witch. Setiap class memiliki skill bermain yang berbeda, walaupun sayangnya kamu tidak bisa mengganti gender dari beberapa class spesifik seperti Warrior dan Berserker.

Pembuatan karakter dalam game ini sangat kompleks dan mencakup semua aspek terkecil sekalipun. Contohnya saja kamu bisa merubah warna rambut dalam tiga bagian kepala, posisi tiap bagian rambut yang terurai, proporsi kulit, proporsi tubuh, efek dari lensa mata, tinggi rendahnya suara, dan masih banyak lagi.

Untuk memaksimalkan fitur pembuatan karaktet, ada tambahan fitur Photo Mode dan Beauty Album yang bisa digunakan untuk menyimpan kreasi karakter paling menawan yang sudah kamu buat.

Game Black Desert Online mempunyai variasi kontrol yang sama pada setiap class. Posisi dan cara bermainnya saja yang disesuaikan, dimana mengatur jarak adalah hal yang perlu diperhatikan. Kamu akan merasakan kemudahan dalam mengeksekusi kombo jarak dekat hingga jauh dengan normal dan special attack, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan mekanisme gameplaynya.

Ada juga tambahan setting pengaturan navigasi utama hingga banyak pilihan room server untuk bergabung.

Grafis

Black Desert Mobile memiliki grafis yang memukau dan memanjakan mata. Black Desert Mobile memiliki grafis yang indah seperti versi PC-nya. Suasana alam di sekitarnya seperti rerumputan dan air juga terlihat realistis untuk sebuah game mobile.

Kasus pada kualitas grafis game ini bisa dikatakan sangat unik. Pasalnya, di satu sisi kalian akan mendapatkan animasi yang sangat hidup dan mendetail. Di sisi lain, kualitas visualnya justru tampil lebih buruk dibanding MMORPG mobile sekelasnya.

Dari animasi dan motion, mekanisme pergerakan karakter akan sangat luwes nan gemulai. Contohnya gerakan tangan karakter yang tampak hidup layaknya gerakan tangan manusia pada umumnya. Tampilan 3D yang diusung pun membuat efek dari skill tiap karakter makin keren.

Bahkan, detail pada latar juga membuat grafis makin fantastis. Misalkan riak pada air yang terlihat menyesuaikan dengan gerakan karakter. Rumput yang ikut bergoyang dan enggak diam di tempat pun menambah kesempurnaan pada detail.

Untuk settingan grafis low dan medium juga tidak begitu jauh beda dengan grafis high, semua settingan sama-sama memiliki grafis yang indah dan memanjakan mata.

Bahkan untuk efek skill dari setiap class juga terlihat keren, pewarnaannya pas dan tidak membuat sakit mata.

Sistem Grinding

Sistem Grinding merupakan hal yang wajib dari setiap game MMORPG, karena aktfifitas inilah yang menjadi kunci untuk mendapatkan akses ke setiap konten. Kamu memang tidak perlu meningkatkan level karakter secara signifikan, tapi jika melakukan grinding dengan kelompok pemain lain, maka nantinya kamu akan mendapatkan bonus XP dan reward yang lebih menggiurkan.

Melakukan ragam aktifitas seperti side quest, raids, eksplorasi, hunting, hingga daily sim tentunya akan terasa jauh lebih seru dengan kelompok bermain. Tapi dibalik jalinan kerjasama, kamu juga harus tetap berkompetisi untuk berada di posisi puncak. Menjalani side-quest secara individu maupun kelompok pastinya tidak lepas dari sosok Black Spirit yang terus memandu perjalananmu sejak awal permainan, bahkan kamu juga bisa memanggilnya kapan saja untuk upgrade equipment seperti senjata dan armor.

Jika kamu sudah bekerjasama dan menjalin hubungan baik dengan satu kelompok tertentu, Guild Warfare mungkin bisa menjadi tantangan terbesar selanjutnya untuk dicoba. Dalam Guild Warfare, kamu bisa bergabung dalam kelompok guild yang lebih besar dan ikut serta dalam pertempuran dengan kelompok guild lainnya. Jika berhasil menang, kelompokmu bisa merebut resource dan mendapatkan reward menarik. Tapi perlu diingat, kalau kontribusi tiap pemain tetap memegang peranan krusial untuk meraih kemenangan.

Kesimpulan

Konsep dunia fantasi dengan tambahan aspek kehidupan nyata dalam Black Desert Online adalah pengalaman yang terasa biasa jika dilihat dari luar, namun berhasil melebur dengan sangat sempurna disaat yang bersamaan. Mulai dari karakter hingga latar dunia dalam game ini digambarkan dengan wujud paling menawan dari game MMORPG manapun sejauh ini.

Sistem grinding yang repetitif memang cenderung membuat pemain menjadi frustasi dan cepat bosan, tapi dengan ragam aktifitas menarik yang terus berkembang seiring berjalannya permainan setidaknya dapat menutupi semua kekurangan tersebut. Menawan, kompleks, seru, dan adiktif, inilah yang membuat Black Desert Online terasa spesial. Jika kamu masih merasa bingung dengan konsep MMORPG yang luar biasa.

KELEBIHAN

  • Kualitas grafis dan desain karakter menawan
  • Sistem kombat manual yang responsif
  • Segudang aktifitas untuk dilakukan
  • Konten PvP yang aktif dan menantang

KEKURANGAN

  • Keseluruhan sistem yang masih membingungkan
  • Gender class character tidak bisa diganti
  • Harus sering melakukan aktifitas grinding yang terasa repetitif

Download Black Desert Mobile

Link Download: Play Store

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here