Review Dan Guide Bermain Auto Chess Mobile Untuk Pemula

0
107
No ratings yet.

Auto Chess Mobile adalah game strategi yang diadaptasi dari game MOBA Dota 2 yang dikembangkan oleh Drodo Studio, game ini dapat kamu mainkan di smartphone android dengan modifikasi karakternya, tetapi gameplay masih sama dengan versi PCnya, untuk versi PC  dari Auto Chess akan dikembangkan oleh Valve tanpa campur tangan dari Drodo Studio.

Setelah kemarin sempat menjadi salah satu game mod dalam DOTA 2 dengan nama DOTA Auto Chess. Game inipun semakin populer dengan berhasil menampung lebih dari 6 Juta pemain hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Melihat hal tersebut, Drodo Studio selaku pengembang game tersebut mengambil langkah dengan membuat game Auto Chess versi mereka sendiri.

Drodo Studio-pun bekerja sama dengan DragonNest studio mengembangkan Auto Chess mereka dalam platform Mobile tanpa membawa embel-embel DOTA sedikitpun. Dengan gameplay yang terbilang baru dan unik, Auto Chess akan membawamu ke pengalaman adu strategi yang belum ada sebelumnya.

Mengingat banyaknya pemain yang memainkan game Dota 2 Auto Chess versi PC, versi mobile juga digadang-gadang akan mengaet pemain yang banyak juga. Karena banyak pemain baru yang belum mengetahui mekanisme permainan Auto Chess maka mereka seringkali kalah dan menjadi bulan-bulanan pemain lain.

Game Play

1. Gameplay Bergenre AutoBattler




Awal mula game pemain akan memilih bidak yang ada dalam “Recruit Pieces”, dan membelinya dengan koin yang ada sesuai dengan yang dimiliki. Lalu bidak tersebut masuk ke dalam arena yang berukuran 8×8 dan ketika waktu mundur telah habis, maka secara otomatis bidak akan bertarung melawan bidak musuh yang ada di arena.

Dalam satu permainan, akan terdiri dari 8 game yang masing-masing akan menciptakan strategi sesuai bidak yang dimiliki. Setiap rondenya pemain akan bertarung dengan lawan yang berbeda-beda dari 8 pemain yang ada di dalam game. Jika pemain gagal bertahan dari serangan lawan, maka secara otomatis pemain akan terkena damage dari lawan sesuai poin dari sisa bidak lawan yang ada di arena.

Para pemain nantinya diberi 100 poin dan harus mempertahankannya di setiap rondenya. Jika pemain kehabisan 100 poin tersebut, maka pemain akan terhitung kalah dan keluar dari permainan. Pemain sendiri akan dihitung menang jika berhasil menduduki posisi 1 hingga 4.

Uniknya, game ini memiliki cukup banyak chance yang memungkinkan pemain bisa membalikkan keadaan walaupun poin yang dimiliki pemain tinggal sedikit. Jadi pemain harus pintar-pintar mengatur strategi dalam bermain.

2. Bidak yang Masih Menyenggol Desain DOTA 


Walaupun versinya sendiri, namun desain dari bidak tersebut tidaklah lepas dari game pendahulunya di DOTA Auto Chess. Bidak disini sendiri masih terbilang similiar dengan Hero DOTA 2 meskipun dengan nama yang berbeda atau malah sedikit menyinggung dengan Hero DOTA 2.

Walaupun begitu banyaknya variasi ras dan kelas di game ini, memungkinkan pemain untuk dapat menciptakan strategi-strategi yang dapat digunakan untuk bisa bertarung melawan musuh. Auto Chess terdiri dari 13 ras, seperti Goblin, Spirits, Marine, Egersis, Dwarf, Beast, Human, Dragon, Cave Clan, Feathered, Glacier, Demon, dan Kira. Sedangkan untuk kelas sendiri ada 10 kelas yang teridiri dari Mech, Warlock, Hunter, Mage, Druid, Knight, Shaman, Assassin, Warrior, dan Witcher.

3. Grafik




Untuk grafis sendiri Auto Chess sudah terbilang smooth dalam eksekusinya, dengan desain karakter Chibi sehingga sedikit orisinil walaupun masih menyenggol desain dari DOTA itu sendiri. Yang sangat disayangkan Auto Chess masih dengan suara dub berbahasa China yang mungkin bagi sebagian orang terdengar sangat asing.

Ditambah Auto Chess sendiri membatasi pemainnya untuk mendapati Candy dalam perminggunya, sehingga untuk melakukan gacha sangat sulit dilakukan jika pemain rajin kemungkinan hanya dapat dilakukan sekali dalam seminggu. Pemain sendiri hanya diperbolehkan mendapat 70 Candy selama seminggu sedangkan untuk gachanya sendiri dibanderol dengan 88 Candy.

Guide Bermain Auto Chess Mobile Untuk Pemula

1. Mengoptimalkan Level Experience:

Level pemain adalah jumlah maksimal unit yang bisa dimasukan kedalam arena untuk bertarung dan sisanya akan dimasukan kedalam bench ataupun dijual jika kelebihan. Pada awal permainan pemain mempunyai level 1. Level Exp akan meningkat sebanyak satu setiap round.

Kamu dapat membeli level exp sebanyak 4 poin dengan 5 gold. Pemain tidak boleh sembarangan menaikan poin exp untuk dapat menambah level. Ada banyak hal yang harus diperhitungkan terlebih dahulu karena hal tersebut berkaitan dengan manajemen gold yang kita punya.

Berikut adalah waktu kapan kita prioritaskan menaikan level pemain:

  • Jika gold yang kita punya mencukupi kamu wajib langsung dinaikan dalam satu round.
  • Menjaga agar tetap berada dalam winning streak saat melihat musuh mengupgrade level pemain ataupun banyak unit musuh yang bertambah levelnya.
  • Keluar dari losing streak, sangat bagus digunakan setelah bertarung melawan pemain papan atas yang cukup kuat, jadi kemungkinan kita tidak akan bertemu melawannya kembali.
  • Jika mempunyai unit yang kuat di bench ataupun membutuhkan sinergi dengan segera, maka kita dapat memprioritaskan menaikan level pemain.

2. Mengenal Mekanisme Permainan:

Kamu harus menyusun unit dan mempertahankannya setiap round melawan pemain lainnya secara acak. Di awal permainan kamu akan mempunyai 100 HP dan akan kalah jika HP menyentuh angka 0. Auto Chess itu seperti game battleroyale, yang bertahan diakhir permainan adalah yang menang.

Beberapa unit mempunyai sinergi satu sama lain dan memungkinkan mereka mempunyai tambahan buff karena bersinergi tersebut. Kamu harus menyusun unit dengan sinergi adalah tujuan utama permainan auto chess. Selain itu unit yang kita pilih juga dapat dupgrade levelnya menajadi level 2 dan 3. Caranya adlaah dengan menggabungkan 3 unit level 1 yang sama untuk menjadi level 2 dan 3 unit level 2 yang sama untuk menjadi level 3.

3. Mengetahui Kapan Waktu Reroll:

Reroll adalah dengan mendapatkan acakan untit lagi yang berbeda dari sebelumnya saat pergantian round dimulai. Dengan reroll kita dapat mencari unit yang kita inginkan dengan lebih cepat. Biaya setiap kali reroll adlaah 2 gold. memenejemen gold dan mengetahui kapan waktu reroll berkaitan satu sama lain. Waktu yang tepat untuk melakukan reroll adalah saat gold kita menyentuh angka 50. Sebelum itu kita tidak perlu untuk melakukan reroll dan hanya mengambil unit yang kita butuhkan saja dari acakan awal round.

Setelah gold berada diangka lebih dari 50 kita dapat melakukan reroll dan membeli unit yang kita inginkan sampai gold kita berada diangka 50 lagi. Lalu kapan waktu kita menghabiskan gold tersebut? Waktu yang tepat adalah saat HP pemain berada dibawah 20. Disaat itu pemain membutuhkan unit yang kuat untuk bertahan agar tidak kalah dari permainan. Jadi kiat bisa meghabiskan gold kita dengan melakukan reroll atau mengupgrade level pemain jika diprioritaskan.

4. Atur Penggunaan Gold:

Pada awal permainan setiap pemain mendapatkan 1 gold untuk digunakan membeli unit. Setelah itu mereka akan mendapatkan 2, 3, 4, dan 5 gold disetiap round berikutnya. Pendapatan 5 gold setelah round berakhir akan terjadi terus hingga pemainan berakhir.

Selain itu pemain juga akan mendapatkan tambahan 1 gold jika memenankan pertempuran (kecuali melawan neutral creeps). Kemudia pemain juga akan mendapatkan tambahan gold (1-3) jika berhasil menang atau kalah secara beruntun (streak), jadi kalau kita menang lalu kalah lalu menang lagi maka kita tidak akan mendapatkan tambahan gold.

Selanjutnya jika pemain menabung (tidak menggunakan sama sekali goldnya) maka akan mendapatkan bonus gold tergantung besaran gold yang pemain tabung. Setiap menabung kelipatan 10 maka akan mendapatkan 1 tambahan gold.

Maksimal tambahan gold yang didapat pemain adalah 5. Jadi jika pemain menabung 50 gold maka pada akhir round mereka akan mendapatkan bonus 5 gold.

Cara lainnya untuk mendapatkan gold adalah dengan menjual unit yang sudah tidak terpakai, besaran gold dari unit yang kita beli atau gabungkan nantinya akan sama jika kita jual kembali.

5. Srategi Penempatan Unit Terbaik:

Penempatan posisi unit didalam board juga merupakan suatu yang fital. Meskipun pemain sudah unggul sinergi dan level unit namun masih dapat kalah karena penempatan posisi yang kurang bagus. Penempatan posisi tergantung pada jenis dari unit kita. Jika unit kita bersifat tank maka dapat ditempatkan pada posisi depan jika range mage atau hunter dapat ditempatkan pada posisi belakang.

Penempatan posisi paling standar saat lategame adalah 3×3 pada pojok board. Range unit ditempatkan pada posisi belakang sedangkan melee unit diposisi depan. Penggunaan posisi 3×3 tersebut sangat menyulitkan musuh untuk bertahan saat berhadapan dengan kita. Dengan Unit classes Assassin dapat melompat menuju unit musuh dengan cepat jadi bisa dipisahkan dengan unit kita lainnya.

Pilihlah build yang berbeda dari pemain lainnya karena akan menambah peluang kita untuk mendapatkan unit tersebut pada round berikutnya.
Items Frantic Mask (MOM) dapat digunakan untuh unit yang mempunyai skill pasif seperti Berserker, Shadowcrawler, Taboo Witcher, The Source, atau Lightblade Knight.

Kita bisa membeli druid yang belum kita miliki dan digunakan untuk mengupgrade druid yang kita gunakan agar lebih cepat dan murah lalu dijual lagi. Contohnya: Membeli Warpwood Sage dan Wisper Seer hanya untuk mengupgrade 2 unicorn level 2 untuk menjadi Unicorn level 3 (harus mempunyai Razorclaw) dan menjualnya kembali. Cara tersebut biasanya digunakan pada build beast.

Menempatkan unit Lord of Sand dan Water Spirit pada posisi terdepan. Karena jika terkena damage dan mempunyai mana penuh akan menggunakan skill abilitynya dan berpindah tempat.

Menempatkan unit seperti Tsunami Stalker dan Siren pada baris terdepan jika hanya menginginkan efek dari skill abilitynya dan membiarkan mereka mati duluan.

Auto Chess telah memilih langkah yang tepat dengan merilis game ini ke dalam platform Mobile dan telah mendapatkan pasarnya sendiri dengan gameplay yang terbilang masih segar. Namun beberapa bug yang masih ada, serta kekurangan seperti dub bahasa China serta Candy yang terbatas mungkin kerasa signifikan bagi sebagian orang.

Ditambah banyaknya game sejenis yang nantinya akan meramaikan pasar mungkin akan sedikit menggerus Auto Chess, seperti Valve yang mengambil langkah untuk membuat Auto Chess versi mereka sendiri yang diberi nama DOTA Underlords yang bisa jadi merupakan ancaman terbesar mengingat komunitas pemain DOTA cukup banyak.

Diatas adalah review dan guide bermain Auto Chess Mobile untuk pemula. Meskipun tampak seperti game yang sederhana, namun game Auto Chess tersebut sebetulnya cukup rumit dan membutuhkan pemikiran lebih jauh lagi.

Ada juga yang berpendapat bahwa game Auto Chess hanya mengandalkan keberuntungan karena tidak mengetahui mekanisme permainananya. Semoga dengan review dan guide diatas bisa membantu kamu memenangkan pertandingan dan melakukan climbing rank dengan cepat.


Download : Play Store size 391Mb


NB : JANGAN LUPA KLIK IKLAN UNTUK MENSUPORT PENULIS AGAR BIKIN ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here