Review Dragon Raja – Game Android Terkeren !!

0
11
5/5 (4)

Dragon Raja merupakan game bergenre MMORPG yang dikembangkan oleh Tencent dengan Unreal Engine 4. Sang developer benar-benar memaksimal potensi Unreal Engine 4.

Dragon Raja sekarang sudah dapat dimainkan untuk regional Asia Tenggara (SEA). Sebelumnya, Dragon Raja sudah lebih dulu dirilis untuk regional Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Amerika Serikat, dan Eropa.

Bukan hanya pada grafis saja yang memukau, mekanisme gameplay seperti kostumisasi karakter, dan konten PvE dan PvP yang mencakup hingga 100 pemain.

Plot

Game ini bercerita tentang raja naga yang dulu pernah disegel oleh sekelompok manusia yang dikenal dengan hybrids, kini bangkit kembali. The hybrids adalah keturunan manusia dan naga yang berkekuatan super.

Menggunakan kekuatan dari musuh dan persenjataan dari teknologi tercanggih, manusia bertarung melawan Dragon Raja untuk menyelamatkan dunia mereka. Di sepanjang cerita kamu akan ditemani oleh berbagai teman menarik yang akan membantu kamu.

Dragon Raja menjadi salah satu judul MMORPG Android yang berhasil menghadirkan pengembangan cerita yang sangat bagus. Pada awal permainan, pemain akan diceritakan sebagai salah satu yatim-piatu yang dijadikan kelinci percobaan untuk penelitian terkait kekuatan naga kuno.

Sejauh yang penulis mainkan, cerita akan berkembang sangat kompleks. Sebab, pemain akan menemukan banyak Clan, karakter, bahkan bisnis hiburan reality show yang menyemarakkan jalannya cerita.

Setiap sisi cerita tersebut nantinya menawarkan sisi empati dan rasa kemanusiaan yang cukup bagus. Sebagai game MMORPG Android, Dragon Raja patut diacungi jempol dari segi cerita.

BACA JUGA

Fitur

Beberapa fitur permainan Dragon Raja memang dapat ditemui pada game MMORPG Android lain, seperti dungeon ataupun raid dengan nama yang berbeda (Dragon Hunting dan Dragon Awake). Kesamaan beberapa fitur permainan tersebut sebenarnya bukan suatu hal yang buruk mengingat adanya fitur-fitur orisinal yang membawa kesegaran.

Salah satu fitur orisinal yang kalian takkan temukan pada MMORPG Android lain adalah fitur taman impian (dalam map Funfair). Seperti namanya, taman impian memungkinkan pemain untuk menjajal beberapa wahana permainan, seperti roller coster, bianglala, ataupun komidi putar.

Seakan bermain di Dunia Fantasi (Dufan), para pemain tentu saja akan mendapatkan pengalaman bermain yang sangat unik. Sayangnya, map Funfair seakan tidak diikutsertakan dalam bagian cerita Dragon Raja. Sehingga, kehadirannya seakan hanya sebagai pemanis yang enggak relevan dengan alur cerita.

Fitur khas lain yang bisa kalian temukan di Dragon Raja adalah Pekerjaan. Perlu dicatat, fitur ini beda dengan job atau class. Pasalnya, pekerjaan yang kalian lakukan berbeda dengan role utama yang kalian pilih saat bermain.

Saat ini, Dragon Raja menyediakan tiga fitur pekerjaan, yaitu koki, pemilik toko, dan idola. Uniknya, ketiga pekerjaan tersebut didesain dengan banyak progres permainan yang layak untuk dijajal. Seperti, koki yang nantinya diharuskan untuk mencari resep rahasia suatu makanan. Penjaga toko juga diharuskan melakukan evaluasi terhadap karyawan toko.

Selain fitur-fitur tersebut, ada satu fitur permainan yang sebenarnya sangat berarti, yaitu interaksi ke benda di area permainan. Pemain dapat bermain basket, mengambil sampah, ataupun menggunakan telepon umum. Hal tersebut sebenarnya enggak punya pengaruh besar ke jalan cerita. Namun, aktivitas-aktivitas tersebut dapat membuat suasana jauh lebih hidup.

MMORPG identik dengan konsep grinding yang memaksa pemain untuk melakukan suatu hal (biasanya membunuh monster di field) secara berulang-ulang. Aktivitas grinding bertujuan untuk meningkatkan progresi kekuatan karakter ataupun mengumpulkan mata uang permainan agar cepat kaya.

Biasanya, konsep grinding ini sangat lekat dengan para hardcore gamer—para gamer yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga dalam bermain game. Sebaliknya, konsep grinding kerap kali menyulitkan para gamer kasual. Pasalnya, mereka biasanya tidak memiliki banyak waktu untuk bermain.

Untungnya, dalam Dragon Raja, kalian enggak perlu takut akan grinding. Sebab, kalian dapat melakukan banyak hal (dari jumlah fitur yang sangat banyak) untuk mendapatkan EXP ataupun item berharga. Alih-alih melakukan sesuatu berulang-ulang yang membosankan, para pemain dapat melakukan hal yang variatif, namun tetap rewarding untuk mengembangkan kekuatan karakter.

Selain itu, deretan fitur permainan di Dragon Raja relatif cepat untuk dikerjakan. Sehingga, kalian yang enggak memiliki banyak waktu tetap bisa menyesuaikan progresi kekuatan karakternya dengan pemain lain.

Class

Tencent sudah menyiapkan beberapa class yang sangat menarik yaitu Blade Master, Gunslinger, Assassin dan Soul Dancer.

  • Blade Master adalah pengguna pedang, mereka menyerang secara jarak dekat. Blade master bisa menjadi penyerang maupun tank sesuai dengan style player.
  • Gunslinger menggunakan senjata jarak jauh dengan teknologi yang sangat canggih, mereka juga bisa menggunakan alat lainnya seperti ranjau.
  • Assassin bisa juga menjadi wizard, mereka menggunakan gabungan serangan jarak jauh dan jarak dekat.
  • Soul Dancer merupakan Class yang paling unik di Dragon Raja, mereka bisa menjadi support maupun mage. Senjatanya pun sangat unik yaitu jam pasir yang melayang. mereka bisa memanipulasi dimensi dan waktu sehingga bisa heal maupun support team.

Grafik

Berbekal Unreal Engine 4, Dragon Raja memiliki sajian grafis yang sangat memukau. Sudah menjadi rahasia umum, Unreal Engine 4 memang memiliki keunggulan dari segi grafik. Namun, sayangnya keunggulan grafis tersebut enggak mampu diimbangi dengan animasi pertarungan yang baik.

Gerakan pertarungan karakter terlihat sedikit kaku. Namun, secara keseluruhan, hal tersebut masih bisa ditoleransi dan enggak terlalu berdampak besar karena tampilan visual di luar animasi tampak memukau.

Sajian grafis yang memukau juga mampu diimbangi dengan pilihan lagu latar yang tepat. Seperti pada umumnya, lagu latar akan menyesuaikan dengan kondisi permainan. Jika, bertarung lagu latar akan berubah dengan tempo tinggi. Sehingga, lagu latar berhasil menciptakan suasana pertarungan yang bergairah.

Di sisi lain, jika kalian sedang santai di dalam ruangan, tempo lagu latar akan berubah menjadi sangat rendah. Sehingga, menciptakan suasana yang menenangkan. Pemilihan lagu latar tersebut terbilang tepat sesuai porsi dan kondisi permainan.

Presentasi permainan Dragon Raja enggak terlepas dari tema futuristis dengan sedikit sentuhan cyberpunk. Dari sajian grafis, kalian akan menemukan beberapa desain dan audio yang identik dengan kemajuan teknologi, mulai dari efek suara sampai animasi rendering objek dengan sentuhan virtual.

Kustomisasi

Dragon Raja memiliki dua bentuk kustomisasi karakter, yaitu fisik dan mental (sifat karakter). Kustomisasi fisik meliputi pemilihan mata, tinggi badan, ukurang jenjang kaki, dan sebagainya.

Selain itu, kustomisasi fisik juga dapat dilakukan dengan melakukan pergantian kostum. Pergantian kostum ini nantinya akan berpengaruh dengan tampilan karakter kalian. Kostum juga dapat dikustomisasi untuk pilihan warnanya.

Selain itu, terdapat juga penggunaan outfit tambahan yang bergantung pada cuaca. Sebagai contoh, jika hujan, karakter kalian akan secara otomatis menggunakan payung jika sedang berdiam diri (tidak sedang jalan ataupun melakukan interaksi lainnya). Efek kostum dengan lingkungan tersebut terbilang cukup detail dan membuat permainan terasa lebih alami.

Selain itu, kalian juga nantinya dapat melakukan kustomisasi sifat karakter. SIfat karakter dapat dibentuk beriringan dengan jalannya alur cerita. Pada setiap cerita, karakter kalian nantinya akan diberikan pilihan dialog sebagai bentuk respon terhadap karakter lain. Pilihan respons ini nantinya akan memberikan nilai sifat karakter kalian. Sejauh ini, penulis menemukan beberapa sifat yang nantinya dapat kalian bentuk, seperti Conqueror, Hotbloaded, ataupun Romatic.

Selain kustomisasi karakter, pemain juga tentu saja dapat melakukan pengembangan kekuatan karakter. Pengembangan karakter di Dragon Raja enggak begitu istimewa. Seluruh sistemnya merupakan sistem yang kerap kali dijumpai pada judul MMORPG lain.

Seperti halnya MMORPG lain, pengembangan kekuatan karakter di Dragon Raja bergantung pada level, jenis senjata, skill, ally, sampai pet yang digunakan. Seluruh elemen untuk meningkatkan kekuatan karakter dikalkulasikan ke dalam rating karakter. Semakin tinggi rating, karakter akan dianggap semakin kuat.

game ini memiliki fitur pengembangan karakter yang orisinal, yaitu sistem Core dan Talent. Core merupakan penambahan status dasar berupa STR, DEX, INS, dan CON. Penambahan status dasar tersebut didapatkan dari penggunaan gem yang dicolokkan ke Destiny Core (alat energi berbentuk piramida).

Talent merupakan kemampuan karakter untuk menggunakan efek pasif dalam pertarungan. Efek pasif yang digunakan dapat dipilih sesuai kebutuhan pertarungan, seperti efek penambahan damage ataupun pengurangan damage dari musuh. Kemampuan pasif dari Talent akan bertambah seiring capaian level karakter.

Sebagai game MMORPG Android, Dragon Raja menawarkan banyak elemen baru yang sangat segar, mulai dari fitur permainan sampai kustomisasi sifat karakter. Dilengkapi dengan cerita yang menarik.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here