Review Game Judgment

0
62
5/5 (8)

Judgment adalah game yang dikembangkan oleh developer Ryu Ga Gotoku Studio. Judgment terlihat seperti seri Yakuza pada umumnya yang kali ini membawa pemain dalam kehidupan detektif. Game ini merupakan salah satu game Ryu Ga Gotoku Studio pertama yang langsung diumumkan dengan rilis versi baratnya.

Judgment membawa kisah petualangan liar bagi sang karakter utama sekaligus detektif Takayuki Yagami dalam memecahkan misteri pembunuhan berantai di Kamurocho, sekaligus memecahkan beragam kasus lain yang memiliki hubungan dengan misteri yang lebih besar lagi.

Baca Juga :

Takayuki Yagami adalah sosok detektif yang terlihat seperti preman. Penilaian ini memang tidak salah, karena Yagami sendiri memiliki hubungan kuat dengan kelompok yakuza dari keluarga Matsugane, dimana dia merupakan anak angkat sang boss besar Mitsugu Matsugane.

Dia memang hidup normal dan tidak berhubungan dengan dunia kriminal, namun dia sudah merasakan kehidupan keras layaknya anggota yakuza. Seorang detektif yang merupakan mantan pengacara berbakat, namun juga ahli bertarung dan memiliki penampilan sangar layaknya preman, inilah yang membuat Yagami sangat menonjol sebagai karakter utama.

Nah, pada artikel kali ini Jagoan Game akan mereview Game Judgment, dari pada penasaran kita simak berikut ini :

PLOT

Judgment dimulai saat sang karakter utama yaitu Takayuki Yagami masih menjalani karirnya sebagai pengacar sukses yang mendapat pujian setelah berhasil mempertahankan pembelaan atas klientnya yang bernama Shinpei Okubo.

Tragisnya, Okubo dilaporkan telah membunuh pacarnya dengan kejam. Yagami yang mendengar kabar tersebut merasa sangat terpukul dan menyalahkan dirinya karena telah membela pembunuh. Karenanya, Yagami memutuskan berhenti menjadi pengacar dan membuka agensi detekftif bersama temannya Masaharu Kaito.

Yagami menjalani kesehariannya dengan normal sejak saat itu, menerima pekerjaan kecil dan masih berhubungan dengan tempat kerja lamanya di kantor pengacara Genda, dia terlibat dalam tugas detektif untuk menangani kasus pembunuhan Kyohei Hamura.

Yagami memang diminta untuk membuktikan jika alibi Hamura benar atau tidak, namun dia juga tidak bisa membiarkan clientnya tersebut bebas dengan mudah jika terbukti bersalah.

Dari sinilah jalan cerita Judgment yang sesungguhnya dimulai, dimana Yagami terus mengejar kebenaran dan berusaha memecahkan misteri pembunuhan berantai yang dilakukan sosok misterius bernama The Mole. Sepanjang permainan kamu juga akan disuguhkan dengan banyak momen mendebarkan, mengharukan, kocak dan dramatis.

Gameplay Judgment

Gameplay dalam Judgment dibagi dalam dua segmen yaitu penyelidikan dan terlibat dalam combat. Saat melakukan penyelidikan kasus, biasanya ada banyak skenario atau tugas yang harus kamu jalankan mulai dari mengorek informasi dari berbagai client dan orang penting, melakukan pengamatan lokasi secara manual atau dengan drone, mencari bahan bukti atau foto yang dapat menguatkan dugaan, membuntuti target, melakukan penyamaran, menerobos tempat terlarang, dan masih banyak lainnya. Semua aktivitas ini biasanya juga bisa kamu jumpai di berbagai kasus sampingan yang berhubungan dengan pekerjaan detektif, namun perannya terasa jauh lebih dinamis saat dipadu dengan skenario cerita yang serius di kasus utama.

Walaupun ada beberapa skenario dimana kamu bisa mengambil keputusan seperti pertanyaan apa yang sebaiknya ditanyakan ke target, atau tidak memilih langkah yang seharusnya dilakukan, Judgment sayangnya tidak memberikan konsekuensi berat pada keputusan yang kamu ambil. Cerita akan tetap bergerak secara linear, tidak peduli apakah kamu ingin mendapat kesempatan untuk membuktikan suatu teori. Kebebasan yang dibatasi ini untungnya tidak memberikan pengaruh yang terlalu besar saat saya memainkan game ini, karena alur cerita yang ditawarkan Judgment sangat menarik untuk diikuti dan akan membuatmu semakin penasaran.

Setelah penyelidikan, porsi gameplay kedua dalam Judgment tidak lain adalah combat atau pertarungannya sendiri. Untuk yang satu ini saya bisa menemukan banyak persamaan dengan seri Yakuza, dimana kamu selalu berhadapan dengan gerombolan musuh dari berbagai arah dan menghajar mereka secara membabi buta.

Walaupun konsep gameplaynya sama, namun Yagami memiliki gaya bertarung unik yang dibagi dalam aliran Crane dan Tiger. Crane adalah aliran bertarung yang mengandalkan serangan kaki yang cocok untuk menghajar gerombolan musuh sekaligus, sementara Tiger adalah aliran bertarung yang lebih kuat dengan tangan kosong, namun lebih cocok untuk berduel.

Kedua aliran bertarung ini dapat diganti secara bebas selama pertarungan berlangsung, jadi kamu bisa menghadapi musuh dengan tipe kekuatan berbeda tanpa masalah. Seiring jalannya permainan, kamu akan mendapatkan SP yang bisa digunakan untuk membuka berbagai skill pasif dan juga teknik bertarung yang baru. Walaupun jalannya pertarungan dalam Judgment cukup mudah, namun kamu tetap akan disuguhkan dengan banyak skenario yang jauh lebih menantang, khususnya saat berhadapan dengan boss yang memiliki HP tebal dan menggunakan senjata asli.

Game ini mengambil setting di Kamurocho. Judgment berhasil merealisasikan distrik hiburan ini dengan atmosfer yang berbeda. Kamu masih bisa mengunjungi banyak tempat makan, mini market dan tempat hiburan berbeda.

Terkadang saat berjalan-jalan kamu juga bisa terlibat dalam event kecil yang kemudian menjadi quest sampingan, dan tentunya terlibat dalam perkelahian jalanan dengan anggota yakuza dari klan lain yang mengenalimu.

Bicara soal event kecil yang bisa terjadi di penjuru kota, kamu ternyata bisa menjalin pertemanan dengan beberapa NPC yang sebagian besar adalah penjaga rumah makan, toko, atau karakter unik lainnya.

Dengan menjalin pertemanan dan menyelesaikan quest yang berhubungan dengan NPC tersebut, kamu akan mendapatkan beragam keuntungan mulai dari meningkatnya reputasi, akses ke menu makanan rahasia (biasanya untuk NPC penjaga rumah makan), serta akses ke lebih banyak side case atau kasus sampingan yang tersedia di kantor pengacara Genda atau markasmu di agensi detektif Yagami.

Merasakan kehidupan detektif ala preman inilah yang membuat Judgment terasa unik dan tetap menarik, terlepas apakah kamu sudah memainkan semua seri yakuza sebelumnya atau tidak.

Kelebihan Judgment

  • Dragon Engine tetap terlihat memesona
  • Kamurocho yang kini terlihat lebih modern dan relevan
  • Misi-misi sampingan nan absurd yang tetap kembali
  • Sistem City Reputation yang membuat misi berteman dengan NPC terasa lebih “bernilai”
  • Animasi serangan dan dramatisasi fantastis
  • Cerita penuh misteri yang menggoda
  • Cerita dengan resolusi jelas dan memuaskan
  • Cita rasa detektif kuat lewat suntikan mekanik baru

Kekurangan Judgment

  • Mekanik barang bukti dan investigasi “Anti-salah”
  • Misi menguntit yang menyebalkan dan membosankan
  • Konten yang tetap terasa repetitif
  • Minimnya konten nakal
  • Tidak banyak meta game yang menyibukkan
  • Voice act Inggris yang terasa janggal

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here