[Review] GODFALL

4
72
5/5 (7)

GODFALL merupakan game yang sangat diantisipasi kehadirannya oleh para gamer di seluruh dunia. Betapa tidak? Saat dimulainya tabuh genderang perang konsol next gen yang tengah gencar-gencarnya, pada tahun 2019 lalu ia adalah game pertama yang diumumkan untuk menjadi launch title khususnya untuk konsol Playstation 5, selain itu juga menjadi title ekslusif PC yang rilis melalui platform Epic Games Store.

Memanfaatkan segala fitur baru yang hadir pada konsol next gen, seperti fast loading dan kemampuan grafis ray tracing, menjadi modal awal yang cukup untuk membuat gamer penasaran akan seperti apa kemampuan Godfall dalam membawa itu semua. Dikembangkan oleh Counterplay Games dan dipublikasi oleh Gearbox Studio, Godfall bisa dikatakan adalah suatu awal yang sangat baik untuk dapat merasakan standar kemampuan next gen video game.

BACA JUGA :

Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Story GodFall

Aperion, suatu kerajaan yang dipimpin oleh Orin, Knight of the Valorplate, adalah sebuah kerajaan yang sangat kuat. Namun, kepemimpinannya diragukan oleh saudaranya sendiri Macros, yang haus akan kekuasaan dan berniat untuk mengambilalih tahta kerajaan. Pada akhirnya, Macros dapat mengumpulkan kekuatan dan pasukannya untuk memulai perang saudara melawan Orin, dimana pada peperangan itu Orin kalah dan terbuang dari kerajaan Aperion. Demi menyelamatkan dunia dari rencana jahat saudaranya, Orin harus berjuang mengalahkan Macros beserta para pasukan dan pengikut setianya.

Gameplay GodFall

Bagi Anda yang pernah memainkan game Borderlands, Destiny atau Anthem, anda tak akan asing lagi dengan genre looter shooter. Tapi pernahkan anda memainkan game looter slasher? Ya, Godfall mengusung genre third person looter slasher dengan gameplay hack and slash cepat yang mengutamakan serangan melee.

Banyak yang mengatakan bahwa Godfall adalah “The Shiniest Version of Dark Souls”. Tidak salah memang, karena gameplay-nya sendiri bisa dikatakan membutuhkan presisi timing dan kombo yang akurat, dan juga kualitas grafis yang “silau”. Namun menurut penulis, tingkat kesulitan Godfall masih jauh dibawah Souls-like game. Jadi, baik game veteran maupun pemula sekalipun dapat menikmati permainan ini.

Berikut kami bahas aspek gameplay selengkapnya:

Godfall memadukan genre looter based game dengan elemen RPG yang sangat fleksibel, dimana karakter yang anda mainkan akan mendapatkan experience point (EXP) yang akan menaikkan level karakter. Kenaikan level tersebut juga akan memberikan anda Skill Point yang nantinya bisa anda gunakan untuk menaikkan atribut status karakter dan membuka kemampuan-kemampuan baru yang sangat membantu dalam permainan.

Sebagai contoh, karakter anda memiliki atribut status Mighty, Spirit dan Vitality yang akan meningkat seiring dengan penambahan alokasi skill yang Anda lakukan pada atribut tersebut. Atau, anda akan dapat menyerang dengan cara melempar shield ke arah musuh ketika anda sudah meng-unlock skill yang memberikan kemampuan melempar shield tersebut. Anda diberikan kebebasan untuk menentukan skill apa yang cocok dengan gaya permainan dan build character seperti apa yang ingin anda gunakan.

Looter System

Dari sisi looter-nya, equipment yang digunakan bisa anda dapatkan melalui chest yang tersebar di world map ataupun dari drop item yang muncul secara random ketika anda mengalahkan musuh ataupun boss. Equipment-nya sendiri terdiri dari Weapon, Accessories dan Augment yang cukup beragam, dimana masing-masing item memiliki 5 (lima) tingkatan rarity yaitu Common, Uncommon, Rare, Epic dan Legendary.

Senjata yang bisa digunakan adalah senjata melee seperti Longsword, Greatsword, Dual Sword, Polearm dan Hammer yang masing-masing memiliki kombo Light Attack dan Heavy Attack yang unik. Selain senjata melee, anda juga akan dibekali sebuah tameng yang berguna untuk menangkis maupun dilemparkan untuk menjadi senjata jarak jauh, layaknya tameng milik Kratos dalam game God of War (2018).

Anda juga dapat menggunakan dua jenis senjata yang terdiri dari Main Weapon dan Secondary Weapon, baik itu jenis senjata yang sama ataupun berbeda. anda dapat dengan bebas memilihnya. Penggunaan dan pergantian senjata antara main dan secondary weapon pun terasa sangat smooth, sehingga anda dapat memadukan kombo yang tidak terbatas.

Selain equipment looter diatas, anda juga dapat menggunakan Valorplate, sejenis armor yang digunakan dalam game ini. Pada awal permainan, anda hanya dapat menggunakan Orin sebagai Valorplate pertama anda.

Seiring berjalannya waktu, anda dapat meng-unlock Valorplate lain yang berjumlah 12 (dua belas) armor (yang menurut penulis sangat mirip dengan para Gold Saints di anime lawas Saint Seiya), dimana masing-masing Valorplate memiliki kemampuan khusus yang disebut Archon Fury dan memberikan efek elemental yang berbeda-beda.

Kemampuan armor ini dapat anda padukan dengan senjata yang anda gunakan, sehingga akan menghasilkan damage yang besar. Sebagai contoh, jika anda menggunakan Vertigo yang memiliki efek elemen Shock sebagai Valorplate anda, maka saat anda menggunakan senjata yang juga memiliki status elemen Shock, armor tersebut akan memberikan tambahan damage yang dihasilkan dari senjata tersebut.

Untuk dapat meng-unlock Valorplate, Anda harus mengumpulkan material tertentu yang bisa anda dapatkan melalui eksplorasi di dalam realm dimana masing-masing realm akan menyediakan material khusus. Sayangnya, Valorplate tidak memberikan anda atribut status tambahan.

Namun sebagai gantinya, setiap Valorplate akan memiliki beberapa slot Augment yang dapat menambahkan status pasif. Slot augment itu sendiri akan bertambah seiring dengan bertambahnya level karakter anda. Desain Valorplate dan kustomisasi yang bisa diaplikasikan juga sangat keren sehingga semua Valorplate sangat layak untuk anda dapatkan.

Battle System

Fighting dalam Godfall menjadi salah satu daya tarik utama yang dihadirkan dalam game ini. Memadukan style Monster Hunter dan Devil May Cry, ditambah sedikit elemen git-gut ala Dark Souls, anda akan mendapatkan sebuah kombinasi fast pace-hack and slash-shiniest game yang sempurna. Kombo light attack, heavy attack, skill senjata dan momen dodging/parrying yang tepat menjadi suatu keharusan yang wajib anda lakukan. Dentingan pedang dan suara hancurnya tubuh musuh setelah terkena finisher move, sangat memberikan kepuasan tersendiri.

Musuh yang ada di Godfall memiliki 2 indikator, yaitu indikator Health dan indikator Stagger. Indikator Health menginformasikan kepada pemain seberapa banyak sisa Health Point yang dimiliki musuh, sedangkan Indikator Stagger akan terisi seiring serangan yang diterima oleh musuh. Ketika Indikator Stagger sudah penuh, maka musuh akan mengalami knock out dan saat itu juga anda bisa melancarkan serangan Takedown.

Selain hal-hal di atas, anda juga dibekali kemampuan untuk mengeluarkan skill tertentu sesuai dengan jenis senjata yang anda gunakan. Skill tersebut akan aktif apabila bar skill-nya telah terisi penuh. Anda juga dapat melakukan parrying dengan menggunakan shield. Parrying dalam game ini cukup satisfiying. Dengan timing yang tepat, kemampuan parry akan sangat berguna untuk dapat dengan seketika men-stagger musuh dan memberikan kesempatan bagi anda untuk melakukan instant takedown.

Bagaimanapun cara anda bertarung, baik menyerang dengan kombo standar, parrying, atau dengan menggunakan skill senjata, semuanya dapat memberikan kontribusi untuk anda dapat men-stagger musuh.

Boss battle-nya sendiri bisa dibilang cukup challenging, meskipun sayangnya tidak banyak jumlah boss yang akan Anda hadapi. Namun, presentasi pertarungan yang intens dapat disajikan dengan epic dan seru. Reward dan drop item dari mengalahkan boss juga sangat bagus untuk menyempurnakan build karakter yang anda miliki.

Upgrade & Customization

Lalu, bagaimana dengan fitur peningkatan item? Ya, tentu saja anda bisa meningkatkan item yang telah anda dapatkan, dimana terdapat dua cara untuk melakukannya. Pertama adalah Upgrade, yaitu meningkatkan atribut status item seperti attack, critical hit atau weakpoint sampai dengan tingkat tertentu.

Dan yang kedua adalah Enchant, yaitu meningkatkan tingkat rarity item, yang akan menambahkan slot tambahan status pasif. Untuk dapat melakukan kedua hal tersebut, anda harus mengumpulkan material yang bisa anda dapatkan baik dengan menyelesaikan misi, mengalahkan musuh, boss, ataupun dari meng-salvage item yang sudah tidak anda gunakan.

Keleluasan untuk meningkatkan rarity item ini memberikan anda kebebasan untuk menggunakan item tertentu sampai menjadi rarity Legendary apabila anda telah merasa cocok dengan atribut status yang diberikan olehnya. Namun, tidak ada salahnya juga jika anda harus mengganti item tersebut. Karena seiring dengan naiknya level anda, level item yang akan anda dapatkan juga akan menyesuaikan dengan level karekter anda, pun dengan atribut status yang menyertai item tersebut akan jauh lebih baik.

World & Mission

Sistem misi dalam Godfall mengadopsi stage-based mission layaknya level misi di series Nioh. Dunianya yang terdiri dari beberapa realm mengusung tema semi-open world yang cukup luas, namun sayangnya tidak tersedia map maupun pint point untuk dituju. Namun tidak usah khawatir, karena apabila anda mengerjakan Story Mission, anda tetap dapat mendapatkan panduan untuk menuju lokasi misi selanjutnya.

Anda diberikan kemampuan Soul Vision, dimana kemampuan ini akan meng-highligt point-point interest seperti chest, Armor 0f Valor maupun material lain sehingga membantu anda dalam melakukan eksplorasi maupun farming material (mirip seperti kemampuan Eagle Vision di game Assassin Creed). Setiap realm memiliki beberapa jenis misi, yaitu misi standar yang terdiri dari Story Mission, Boss Mission, Hunt Mission dan juga Explore Mission.

Setiap jenis misi memiliki requirement level rekomendasi dan reward yang berbeda-beda. Jika anda telah selesai melakukan suatu misi, anda akan dapat memilih apakah akan menyelesaikan misi tersebut (completed mission) atau anda ingin melanjutkan eksplorasi. Apabila anda memilih pilihan kedua, maka musuh yang telah anda kalahkan dalam world tersebut akan respawn dan akan muncul beberapa challenge yang akan memberikan reward yang sepadan jika anda berhasil menyelesaikannya.

Realm dalam dunia Godfall tidak otomatis terbuka dengan sendirinya. Realm terbagi atas 4 (empat) wilayah yang akan terbuka seiring progress cerita, yaitu Earth, Water, Air dan satu realm lagi yang akan terbuka setelah anda menyelesaikan cerita utama. Untuk dapat membuka realm berikutnya, anda harus mengumpulkan Sigil tertentu yang dibutuhkan untuk membuka realm tersebut, dengan cara mengerjakan misi yang akan memberikan reward berupa Sigil yang anda perlukan. Repetitif memang, tapi itu akan sepadan dengan apa yang nantinya anda temui nantinya di realm yang baru.

Selain misi standar dan ekplorasi, ada satu mode lagi yang ditawarkan dalam game ini, yaitu Tower of Trial. Mode ini terdiri dari beberapa wave musuh dengan tingkat kesulitan yang semakin bertambah sampai dengan tingkat lantai tertentu.

Setiap wave akan memberikan anda kunci yang dibutuhkan untuk membuka chest di akhir wave berisi item-item atau buff yang dapat digunakan untuk wave selanjutnya. Semakin cepat anda menyelesaikan wave, maka semakin banyak kunci yang bisa anda dapatkan, dan peluang anda mendapatkan chest berisi reward yang lebih baik akan semakin besar. Mode ini sangat penulis rekomendasikan apabila anda ingin grinding level dengan cepat dan efektif.

Elemen endgame dalam game ini akan terbuka ketika anda selesai menamatkan cerita utama. Seperti kebanyakan game looter lainnya, aktivitas yang bisa anda lakukan dalam endgame adalah meningkatkan level karakter sampai maksimal, meng-unlock semua skill, meng-upgrade semua item sampai batas maksimalnya, dan mencari build yang paling efektif yang bisa anda gunakan.

Visual GodFall

Tidak diragukan lagi, sejak dikeluarkannya teaser Godfall pada tahun 2019 lalu, penulis sangat dibuat takjub dengan presentasi visual yang disajikan. Dan terbukti ketika penulis memainkannya pada versi PC, penulis merasakan betapa grafis dan sajian environtment-nya sangat memanjakan mata.

Meskipun dimainkan pada setting Medium, namun itu tidak mengurangi pengalaman bermain penulis. Apalagi jika dimainkan pada konsol Playstation 5, akan sangat luar biasa kualitas grafis yang ditampilkan. Namun memang karena system requirement yang tinggi, akan sering terjadi drop framerate yang cukup mengganggu apabila anda mensetting video dengan settingan di atas High.

Audio GodFall

Begitu pula dengan kualitas suara yang disajikan, mulai dari background music, sound effect hingga pengisi suara, sangat pas dengan jalannya permainan. Tidak berlebihan namun tidak juga kurang. Anda akan terbawa suasana pertarungan yang sengit, dan dapat merasakan setiap dentingan pedang dan hancurnya tubuh lawan dengan sangat memuaskan.

KESIMPULAN

Secara genre, mungkin sudah banyak game yang mengusung tema yang sama. Namun dengan penyajian cerita dan presentasi visual yang luar biasa membuat Godfall sangat layak untuk menjadi pilihan utama jika anda berminat merasakan kualitas next gen video game. Loading cepat dan kualitas gambar yang luar biasa berkat adanya teknologi SSD dan ray tracing, membuat Godfall sangat worth it bagi anda yang menyukai genre hack and slash dan looting-based game. Penulis sendiri berencana akan kembali memainkannya lagi di konsol Playstation 5 yang sebentar lagi akan rilis secara resmi di Indonesia.

Multiplayer mode dalam game ini juga menambah nilai tersendiri, meskipun untuk saat ini belum ada fitur matchmaking dan multiplatform. Kumpulkan 3 player dalam setiap session squad anda, kemudian bertualang mengeksplorasi realm atau bahu-membahu menjalani setiap wave dalam Trial of Tower, sangat seru untuk dilakukan.

Godfall memiliki cerita yang klise, namun penyajiannya dapat membuat anda tertarik untuk mengetahui setiap rahasia dalam dunianya. Gameplay yang cukup solid dan adiktif. Desain realmnya yang tidak terlalu luas namun padat, cukup nyaman untuk anda berlama-lama melakukan eksplorasi. Kualitas visualnya yang luar biasa juga sangat pantas untuk diusung dalam teknologi next gen.

Namun sayangnya, misi yang repetitif dan kurangnya konten endgame dan belum adanya system matchmaking bisa jadi akan membuat anda cepat merasa bosan. Namun, bagi Anda yang memang mencintai game Hack and Slash dan looter slasher, game ini menjadi salah satu yang wajib Anda mainkan.

KELEBIHAN

  • Mekanisme gameplay yang adiktif
  • Design Valorplate yang keren
  • Visual yang memukau
  • Hampir tidak ada waktu loading
  • Pertarungan yang epik
  • Keleluasaan pengembangan karakter

KEKURANGAN

  • Misi repetitif
  • Kurangnya konten pasca tamat
  • Belum ada matchmaking

OVERVIEW

TITTLE Godfall
DEVELOPER Counterplay Games
PUBLISHER Gearbox Publishing
RELEASE DATE 12 November 2020
PLATFORM PS5, PC
GENRE Action
RATING Dewasa
MEDIA Blu-ray, Digital
OFFICIAL SITE https://www.godfall.com/
SIZE 43.48 GB

Please rate this

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here