[Review] Hitman 3

4
89
5/5 (3)

Pada bulan Januari IO Interactive mengeluarkan game dengan seri terakhir di dalam trilogi World of Assassination Hitman yaitu Hitman 3.

Sejak kemunculan perdananya, Hitman langsung menasbihkan diri sebagai game Action yang menitikberatkan pada elemen Stealth Berperan menjadi seorang pembunuh bayaran, game ini memungkinkan para pemainnya untuk menjalani berbagai misi di berbagai belahan dunia.

Sejak seri pertamanya, game ini selalu dibintangi oleh Agent 47, seorang pria berkepala plontos dari ICA yang bertugas mengeliminasi target dengan cara apapun.

Lima tahun silam, IO Interactive melakukan perubahan besar pada franchise ini untuk dijadikan sebuah trilogi. Menggunakan gaya sandbox pada setiap misinya, ia menghadirkan gaya episodik yang menyampaikan cerita secara bersambung.

Alur Cerita

Hitman 3 melanjutkan cerita dari ending Hitman 2, di mana setelah Agent 47, Diana, dan Lucas Grey berhasil mendapat informasi mengenai organisasi bernama Providence yang telah merusak hidup mereka dengan menginterogasi seorang pria yang disebut The Constant.

Providence yang selama ini dikenal memiliki pengaruh besar terhadap kejadian-kejadian di dunia mulai merasakan bahaya dari Agent 47, Diana, dan Lucas Grey yang masih mencari mereka. Anda akan berhadapan dengan berbagai target di beberapa tempat eksotis di dunia untuk mencari para petinggi Providence.

BACA JUGA

Gameplay

Masih menyajikan tema Silent Assassin seperti pada seri sebelumnya, Anda akan memainkan game ini dengan mencari celah keamanan pada setiap lokasi yang akan Anda kunjungi. Pada setiap awal misi, Anda akan diberi sebuah video singkat mengenai target dan misi Anda. Anda juga dapat memilih perlengkapan yang akan Anda bawa, tempat memulai misi, serta kostum yang akan Anda gunakan.

Sistem yang digunakan tidak jauh berbeda dengan seri The World of Assassination sebelumnya, namun pada game terbarunya ini, Agent 47 akan dibekali dengan sebuah kamera yang dapat digunakan untuk meretas sistem elektronik atau mengambil foto jika diperlukan.

Anda juga dapat mengambil benda-benda di sekitar Anda untuk dijadikan senjata atau untuk mengalihkan perhatian penjaga. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa Mission Story yang akan ditampilkan saat Anda mendekati beberapa poin di dalam sebuah misi. Mission Story ini dapat membantu Anda menemukan jalan masuk untuk menghabisi target Anda.

Stealth menjadi salah satu kunci utama pada game ini. Anda bisa saja bermain cepat dengan membunuh semua penjaga, namun hal ini akan mempengaruhi skor Anda pada akhir setiap misi.

Seorang Silent Assassin dituntut untuk dapat menggunakan penyamaran dan memanfaatkan situasi di sekitar untuk menyusup masuk, mengalihkan perhatian, serta membunuh target tanpa terdeteksi, setidaknya sampai Anda meninggalkan lokasi itu.

Anda dapat memanfaatkan ruangan tertutup untuk menghabisi target Anda dan menyembunyikan ‘hasil karya’ Anda di lemari atau peti yang tersedia di lokasi tertentu.

Terkadang, jika Anda cukup kreatif, Anda juga dapat menciptakan ‘kecelakaan’ untuk membunuh target Anda tanpa harus Anda sentuh secara langsung. Namun, seperti semua seri Hitman sebelumnya, stealth pada Hitman 3 ini memang berbeda dari stealth yang digunakan pada game bertema militer. Jadi, bagi Anda yang lebih menyukai stealth dengan memanfaatkan kegelapan, mungkin akan merasa sistem pada game ini terlalu lambat.

Mekanik pada game ini juga menggunakan mekanik serupa dengan Hitman 2. Anda tidak perlu menghadapi kesulitan memilih menu di tengah perjalanan seperti pada Hitman klasik, namun Anda dapat menggunakan tombol aksi yang berbeda untuk setiap tindakan Anda. Tidak ada yang banyak berubah dari sisi animasi, mengingat animasi pada Hitman 2 sudah sangat mudah untuk dilakukan. Anda juga dapat memilih tingkat kesulitan yang akan berpengaruh terhadap kemampuan penjaga mendeteksi, CCTV, petunjuk Mission Story, dan jumlah save yang dapat Anda gunakan.

Tentu saja, metode Anda dalam mengeliminasi target Anda akan diperhitungkan pada penilaian yang akan ditampilkan pada akhir setiap misi. Jika Anda membunuh orang selain target utama, Anda akan mengalami pengurangan skor yang akan berpengaruh terhadap rating yang Anda dapatkan. Setiap misi juga dapat diselesaikan dengan bermacam-macam metode. Anda dapat melihat intel mengenai metode yang tersedia pada menu Challenges.

Pada game ini, Anda akan diperkenalkan dengan beberapa mode permainan. Anda akan melanjutkan cerita utama pada salah satu chapter yang dapat Anda pilih dari Hitman 1 hingga Hitman 3, tergantung dari game yang telah Anda miliki.

Selain mode cerita utama, Anda akan dapat mengakses mode lain seperti Escalation, di mana Anda akan diberikan tantangan yang semakin meningkat. Elusive Target juga akan kembali pada seri Hitman terbaru ini.

Pada mode ini, Anda akan diberikan tenggat waktu untuk mengamati dan membunuh target Anda. Jika Anda gagal, target akan hilang dan misi tidak dapat Anda ulangi lagi.

Jika Anda memiliki Hitman 3 versi Deluxe Edition, Anda juga akan mendapatkan akses ke Deluxe Escalation. Namun jika Anda hanya memiliki Standard Edition, Anda dapat membeli Upgrade Deluxe Edition secara terpisah dari platform digital di mana Anda membeli Hitman 3.

Jika Anda telah mengikuti trilogi The World of Assassination, Anda tidak perlu khawatir bahwa Anda harus menginstal ketiga game tersebut untuk memainkan ulang seluruh misinya.

IO Interactive memberikan fitur untuk melakukan konversi data Anda dari Hitman 2 melalui situs resminya, serta memungkinkan Anda untuk ‘menarik’ misi dari Hitman sebelumnya ke Hitman 3 melalui menu DLC/Add-On. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu memasuki halaman Store pada Hitman 1 dan 2, lalu melakukan redeem pada produk Hitman Anda.

Hitman 1 memiliki opsi download yang disebut Hitman Legacy Pack, sedangkan Hitman 2 memiliki sebuah Access Pass yang dapat digunakan sebagai bukti kepemilikan Anda terhadap game tersebut. Setiap lisensi yang telah Anda redeem dari Hitman 1 dan 2 akan memberikan Anda akses untuk memainkan misi dari kedua game tersebut pada game Hitman 3, jadi Anda tidak perlu menginstal ketiga game untuk dapat terus memainkannya.

Salah satu hal yang menarik, jika Anda memiliki Legacy Pack dari Hitman 1, Anda akan diberikan upgrade gratis menjadi Hitman 1 edisi Game of the Year yang dilengkapi dengan beberapa DLC tambahan pada menu Hitman 1 di dalam Hitman 3.

Visual

Sebagai penerus dari Hitman 2, IO Interactive melakukan pengembangan lebih lanjut untuk kualitas visual yang ditampilkan pada Hitman 3. Pencahayaan yang ada direpresentasikan dengan sangat baik pada setiap momennya. Pada bagian awal permainan, saat Anda mendarat di luar bangunan Burj Al-Ghazali, kualitas visual yang memukau sudah dapat ditemukan di area ini. Bahkan pada versi PS4, visual yang ditampilkan oleh game ini cukup membuat kami melihat-lihat sekeliling menikmati pemandangan yang ada sebelum kami melanjutkan misi pertama tersebut.

Jika Anda merupakan veteran seri Hitman The World of Assassination, tentunya Anda sudah familiar dengan gaya cutscene yang digunakan pada Hitman pertama. Pada Hitman 3, IO Interactive kembali menggunakan cutscene CGI yang memiliki animasi lengkap seperti pada seri pertamanya dan meninggalkan gaya image stills atau gambar-gambar kaku yang dimiliki oleh Hitman 2. Kami merasa keputusan ini cukup tepat untuk menampilkan momen-momen penting pada Hitman 3.

Audio

Kualitas Audio dari seri Hitman sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Musik berkualitas dan efek suara yang cukup detil akan menemani perjalanan Anda menghabisi target-target Anda. Setiap adegan briefing dari Diana atau Lucas Grey juga akan dilengkapi musik yang mampu membawakan suasana intens pada game ini. Ditambah lagi intensitas musik yang semakin meningkat seiring Anda mendekati akhir misi Anda yang akan membuat Anda semakin terbawa suasana.

Kesimpulan

Hitman 3 merupakan game yang sangat menarik bagi para penggemar seri Hitman klasik seperti Hitman: Codename 47, Hitman 2: Silent Assassins atau Hitman: Contracts. Namun, jika Anda lebih menyukai game dengan tempo yang lebih cepat seperti Hitman: Absolution, mungkin Anda akan merasa game ini terlalu lambat mengingat luasnya area sandbox yang dapat Anda jelajahi.

Hitman 3 merupakan game dengan genre stealth yang memiliki mekanik yang cukup mudah untuk dikuasai dan merupakan game yang cukup menarik bagi para pemain Hitman klasik.

Hitman 3 mampu menghadirkan suasana penuh ketegangan melalui presentasi visual dan audio-nya. Diperkuat oleh mekanisme gameplay yang mudah dipahami, Anda yang menyukai jenis game stealth dengan tempo yang lebih lambat seperti Hitman klasik, sudah pasti akan jatuh hati dengan game ini. Hitman 3 berhasil menjadi penutup dari trilogi The World of Assassination.

Kelebihan

  • Kualitas visual memukau
  • Musik dan efek suara yang berperan penting dalam membawakan suasana
  • Mekanik yang mudah dipahami
  • Cutscene kembali menggunakan CGI

Kekurangan

  • Alur misi yang terasa lambat bagi beberapa orang

OVERVIEW

TITTLE Hitman 3
DEVELOPER IO Interactive
PUBLISHER IO Interactive
RELEASE DATE 20 Januari 2021
PLATFORM PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series, Switch (Cloud), PC
GENRE Stealth, Action
RATING Dewasa
MEDIA Blu-ray, Digital, Cloud
OFFICIAL SITE https://www.ioi.dk/hitman3/
SIZE 59.58 GB

Please rate this

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here