Review Lord of Estera | Game Dari Dunia Games

0
145
5/5 (13)

Dunia Games kembali menambah koleksi gamenya. Kali ini, game berjudul Lord of Estera akan hadir dengan genre RPG (Role Playing Game). Ini merupakan game kedua dari Dunia Games setelah tahun lalu meluncurkan game berjudul ShellFire.

Sebagai sebuah gim RPG, Lord of Estera hadir dengan membawa berbagai macam mode permainan dan karakter. Dapat diunduh gratis di Google Play Store.

Selain di platform Android, Lord of Estera juga tersedia untuk platform iOS. Yang menarik, gim ini diklaim tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi. Gim ini dapat dijalankan di sistem operasi Android minimal v6.0 atau iOS dengan versi minimal 8.0. Hal ini disebut sesuai dengan tujuan Telkomsel untuk mendukung digital lifestyle masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Lord of Estera menjadi perwujudan komitmen Telkomsel dalam mengakselerasikan gaya hidup digital masyarakat secara menyeluruh dan berkelanjutan. ujar Rachel Goh, Direktur Marketing Telkomsel.

Game yang bertajuk Lord of Estera untuk platform mobile. Jadi sebuah game bertema RPG dan mengusung pertarungan kartu membuat game ini tampak memikat. Simak ulasan dari Jagoan Game berikut ini :

Gameplay

Game dengan genre RPG ini, mempunyai format Real Tine Battle Card Strategi, Lord of Estera menantang pemainnya untuk mempertahankan lord selaku raja yang harus dijaga dari serangan musuh.

Baca Juga :

Untuk melakukannya pemain dapat mengumpulkan jenis-jenis Hero dengan berbagai tipe reality, meliputi Elite, Rarez Epic dan legendary. Ada 60 karakter Hero yang dibagi ke dalam lima ras dengan strategi berbeda, yakni human, Undead, Orc, Pirate dan God.

Lord of Estera menyediakan tiga tipe PVP berbeda, yaitu 1 vs 1 Same Server Battle 1vs 1 Cross Server Battle dan 1 vs 1 Rank Match di semua server.

Grafis

Ketika pertama mencoba Lord of Estera, tawaran visual yang mereka sajikan seakan enggak menimbulkan hasrat bermain. Karakter dengan komposisi kepala lebih besar alias bloby tampak enggak menggairahkan. Untuk game bertema kartu, kekuatan karakter di dalam game sepertinya penting untuk mengikat para pemain.

Di dalam permainan, tampilan karakter yang enggak berkesan ini membuat permainan yang disajikan enggak membawa keseruan. Apalagi, sudut pandang yang dipilih oleh game ini diagonal. Ini membuat permainan enggak presisi.

Jika harus dibandingkan, tengok saja beberapa contoh game dengan jenis permainan sama seperti Clash Royale atau South Park: Phone Destroyer yang sama-sama mengimplementasikan simetri di dalam arena pertandingannya.

Interface dan Fitur

Setelah menyelesaikan tutorial hingga mampu bebas memilih permainan di dalam Lord of Estera, game ini menampilkan layar menu yang sangat berantakan. Baru kali ini rasanya ada sebuah game yang layar menunya lebih berat ketimbang gameplay.

Jika sang pengembang mau lebih teliti menggarap gamenya, harusnya sajian reward maupun fitur lain yang mereka kembangkan bisa disederhanakan. Alih-alih menyediakan kenyamanan buat pemain, game ini malah lebih percaya kalau mencampur banyak fitur reward dan variabel lainnya bakal lebih seru. Setidaknya jika mereka mau merapikan konten visual lebih dulu.

Sekilas, pemain mungkin mendapatkan ilusi kalau game ini bakal menghadiahkan banyak hal. Seiring waktu progresi bisa pemain dapatkan jika terus bermain. Sayangnya, ini cuma tipuan agar kalian mau berkomitmen memainkan game ini untuk waktu yang lama. Untuk tahun 2019, konten sistem reward yang beragam maupun banyaknya kegiatan bermain sudah enggak cocok lagi.

Tengok saja kehadiran aspek bangunan di dalam game ini. Bukannya memberi pertimbangan, pemain bisa seolah-olah dengan mudah mengembangkan bangunan dengan satu resource kayu yang didapatkan dari pertarungan. Mereka juga hadir tanpa layout yang bisa diatur sehingga kehadirannya terkesan hanya menambah pekerjaan.

Biasanya, game pertarungan kartu mampu menawarkan campaign yang berkesan. Sayangnya, lagi-lagi game ini terkesan repetitif lantaran membawa pola yang sama dalam mode single-player miliknya.

Real-time Card Battle

Di luar fitur yang menjemukan, game ini juga enggak menawarkan hal menarik dari segi permainan real-time card battle yang mereka usung. Dari lima sistem kelas hingga lebih dari 60 karakter yang ditawarkan, game ini memberi komposisi yang enggak seimbang lantaran salah memberdayakan sistem pengembangan karakter.

Seakan menggunakan pola dalam game RPG, kartu yang pemain miliki dengan beragam grade enggak terlihat seimbang. Berkat pengembangan karakter yang berlebihan, para karakter legendaris punya poin serangan yang sangat besar. Hal ini tentu sangat mencederai keseimbangan dari karakter.

Untuk permainan serupa, beberapa variasi yang ditawarkan terlihat belum mampu menawarkan hal baru. Karakter dengan kemampuan tank dan area terlihat menghiasi permainan. Hal ini dirasa sangat kaku dan enggak membawa variasi yang berarti.

Mikrotransaksi dan Pay to Win

Dilihat dari suguhan mikrotransaksi, Lord of Estera membawa banyak reward yang bakal membuat pemain yang membeli premium punya segudang keunggulan. Enggak hanya harus melakukan gatcha, level VIP yang mereka berdayakan membuat gap yang sangat jauh. Para kartu legendaris mereka bagikan bagi siapapun yang rela membakar uang jutaan rupiah.

Sistem yang diberlakukan oleh Lord of Estera terikat sama server. Dengan begini siapapun ingin menjadi yang terbaik di server baru. Wajar kalau pada akhirnya kita bakal melihat puluhan bahkan mungkin ratusan server yang bakal dibuka oleh game ini untuk menarik perhatian orang yang mau membakar uang di dalam game.

Bukan rahasia umum kalau sistem semacam ini bakal memberatkan pemain. Pasalnya, selalu ada kabar miring kalau sang pengembang juga membuat karakter bayangan yang punya level VIP tinggi untuk membuat salty para pemain. Semoga saja ini enggak dilakukan oleh sang pengembang.

Untuk tahun 2019, sistem mikrotransaksi hingga pengembangan karakter yang dipakai di Lord of Estera sudah enggak cocok lagi. Kabarnya, game ini sempat dirilis pada waktu ke belakang dengan nama lain. Entah alasan apa Telkomsel dan DuniaGames mau-maunya menghidupkan sebuah game lama.

Download Lord of Estera

Link Download : Play Store | App Store

Nah, itulah review Lord of Estera Terus ikutin juga review game lainnya hanya di Jagoan Game.

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here