Home Play Station Marvel’s Spider-Man: Miles Morales

[Review] Marvel’s Spider-Man: Miles Morales

0
5
5/5 (1)

[Review] Marvel’s Spider-Man: Miles Morales – Mencetak rekor penjualan yang fantastis dua tahun lalu, membuat Sony ingin menggali lebih dalam semesta Spider-Man. Mengikuti jejak Naughty Dog pada Uncharted, Insomniac Games menggarap sebuah seri sampingan dengan menghadirkan protagonis berbeda, yaitu Miles Morales.

Bagaimanakah kisah Miles Morales menjalani kehidupan barunya sebagai manusia laba-laba magang? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

PLOT

Melanjutkan kisah Marvel’s Spider-Man (2018), Miles Morales yang tergigit oleh laba-laba genetik akhirnya mendapatkan kekuatan serupa yang dimiliki oleh Peter Parker untuk menjadi seorang Spider-Man.

Setahun setelahnya, Miles berlatih di bawah bimbingan Peter sebagai bentuk persiapan dirinya dalam rangka menjadi pahlawan kedua di kota New York.

Di lain pihak, ia juga harus mendukung ibunya yang sedang berkampanye untuk pemiihan Dewan Kota serta melindungi rumah barunya di Harlem.

Kota New York sendiri tengah dilanda perang antara geng Roxxon Energy Corporation dan pasukan kriminal berteknologi canggih bernama Underground yang dipimpin oleh Tinkerer.

Namun, di saat yang bersamaan, sang mentor, Peter Parker mendapat panggilan tugas dari kantornya untuk pergi mendampingi Mary Jane. Peter pun memberikan mandat pada Miles untuk menjaga kota New York.

Mampukah Miles Morales menggantikan Peter Parker selama ia pergi?

Temukan jawabannya di gameplay Marvel’s Spider-Man: Miles Morales di youtube Jagoan Game dibawah ini:

Baca Juga:

Gameplay

Marvel’s Spider-Man: Miles Morales

Sebelum memulai permainan, Anda diminta untuk memilih satu dari empat tingkat kesulitan yang tersedia, yaitu Friendly Neighborhood (Beginner), Friendly (Easy), Amazing (Normal) dan Spectacular (Hard). Opsi ini hanya membedakan tingkat agresivitas dan Health Bar musuh tanpa mempengaruhi jalan cerita sama sekali. Jika Anda hanya ingin menikmati ceritanya saja, cukup memilih tingkat kesulitan terendah.

Berbeda dengan prekuelnya yang menceritakan kisah superhero dari sudut pandang Peter Parker, dalam game ini Anda akan mengambil peran sebagai Miles Morales, seorang pemuda berkulit gelap berambut cepak yang tinggal di wilayah Harlem, New York.

Ia pertama kali diperkenalkan pada komik Ultimate Fallout #4 yang dirilis pada Agustus 2011. Kendati demikian, popularitasnya sebagai superhero kian meroket hingga mendapat kesempatan untuk memiliki gamenya sendiri.

Serupa dengan apa yang Anda jumpai di petualangan Peter Parker dua tahun lalu, Anda akan kembali lalu lalang di kota New York untuk menjaga perdamaian dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Namun, seperti yang kita ketahui bersama, sebagai Spider-Man magang, kemampuan Miles masih belum terasah dengan baik sehingga kerap kali ia ceroboh saat mengambil keputusan.

Di awal-awal permainan, Anda akan dibimbing terlebih dahulu oleh Peter Parker melalui sesi tutorial singkat untuk menyegarkan kembali ingatan Anda tentang sistem permainannya, mulai dari berayun, melompat, parkour hingga berakhir pada sesi pertarungan.

Miles juga bisa melakukan beragam teknik yang serupa dengan Peter seperti Wall Run, Air Trick, Web Zip dan lain-lain. Secara garis besar, inti permainan dan kontrol game ini masih sama seperti pendahulunya. Akan tetapi, ada dua kekuatan Miles yang tidak dimiliki Peter, yang akan kami jelaskan di bawah nanti.

Kembali menggunakan konsep dunia terbuka atau Open-World, Anda bisa memilih beragam aktivitas untuk dijalani. Anda bisa hanya fokus untuk cerita utama saja, tetapi misi sampingan pun ternyata sangat sayang untuk dilewatkan.

Karena, dengan menyelesaikan misi-misi sampingan itu, Anda bisa memperoleh beragam hadiah seperti Experience,Token dan Collectibles lainnya.

Meskipun berganti label, namun konsep misi sampingannya sendiri kurang lebih sama dengan apa yang ditawarkan pada versi Peter Parker, seperti menyelesaikan Combat Challenge, Stealth Challenge, Traversal Challenge, menyusup ke markas musuh, mencari item, membantu polisi memberantas penjahat dan tugas-tugas superhero pada umumnya.

Satu fitur baru yang disematkan dalam game ini adalah hadirnya sebuah aplikasi ponsel pintar bernama Friendly Neighborhood Spider-Man App (FNSM) yang dibuat oleh Ganke, sahabat Miles.

Dengan mengusap Touchpad ke arah kiri, Anda bisa membuka aplikasi ini di mana saja untuk melihat daftar permintaan dari warga New York yang membutuhkan bantuan.

Fitur tambahan ini kami nilai sebagai jalan pintar (shortcut) agar Anda bisa langsung mengakses misi sampingan tanpa perlu mencarinya dalam peta.

Sebagai seorang superhero, pertarungan adalah hal yang kerap kali akan Anda temui selama permainan. Sistem pertarungannya sendiri masih sangat mirip dengan pendahulunya, di mana tombol kotak dialokasikan untuk melancarkan serangan melee, tombol segitiga untuk serangan jaring, lalu tombol lingkaran untuk menghindar, tombol R1 untuk menggunakan gadget.

Masih sama seperti pendahulunya, untuk membuka kemampuan baru Miles, Anda harus mengalokasikan sejumlah Skill Point yang bisa diperoleh melalui kenaikan level atau menyelesaikan Challenge yang tersebar di peta. Presentasi Skill Tree ini pun dibuat cukup menarik dengan pola jaring laba-laba yang simetris.

Berbeda dengan Peter Parker yang punya 8 gadget, Miles hanya dibekali 4 gadget untuk menunjang petualangan dan pertempuran, di antaranya Web Shooters, Holo-Drone, Remote Mine dan Gravity Well.

Web Shooters berguna untuk menembakkan peluru jaring yang bisa merekatkan objek atau musuh, lalu ada Holo-Drone yang berfungsi menciptakan duplikat diri Spidey untuk membantu pertarungan.

Gadget ketiga adalah Remote Mine, sebuah ranjau yang menarik perhatian musuh dan bisa diledakkan secara manual. Terakhir, ada Gravity Well yang bisa menarik musuh dalam jarak tertentu hingga saling bertabrakan satu sama lain.

Meskipun jumlahnya hanya sedikit, namun bagi kami keempatnya sudah mencakup seluruh kebutuhan Anda dalam permainan. Dengan demikian, hal ini juga mengurangi beban Anda untuk mengingat setiap fungsi dari gadget yang kami rasa tidak semuanya Anda pakai terus menerus.

Tidak semua pertempuran Anda hadapi secara frontal, karena ada opsi untuk melakukan Stealth untuk meminimalisir risiko dikeroyok. Masih sama dengan seri sebelumnya, mekanisme Stealth dalam game ini dibuat sangat sederhana.

Hanya dengan tombol kotak atau segitiga, Anda bisa melumpuhkan musuh dalam satu serangan saja. Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan tingkat kewaspadaan mereka, karena jika ada salah satu rekannya yang melihat proses Takedown, maka posisi Anda.

Terlepas dari minimnya jumlah gadget, Miles justru dianugerahi kekuatan baru yang tidak dimiliki Peter, yaitu Venom Power dan Camouflage.

Venom Power merupakan bagaikan buff bagi Miles, di mana kekuatannya akan meningkat drastis pada beberapa gerakan tertentu seperti Venom Punch, Venom Smash, Venom Jump atau Venom Dash.

Kekuatan ini bisa diaktifkan dengan menahan tombol L1 ditambah tombol aksi seperti kotak, segitiga, X atau lingkaran.

Kekuatan ini berhasil menambah strategi baru dalam pertarungan. Ia bisa digunakan untuk menghancurkan pertahanan musuh, mementalkan musuh, membuat musuh menjadi Stun atau membubarkan kerumunan.

Untuk menggunakan kekuatan ini, Anda membutuhkan bar Venom Power yang terletak di bawah Health Bar. Bar ini bisa terisi ketika Anda berhasil melancarkan serangan atau menghindari serangan.

Kekuatan baru kedua untuk Miles adalah Camouflage, yang bisa membuat tubuhnya tembus pandang dan tidak terlihat oleh musuh yang bisa diaktifkan dengan menekan tombol atas pada D-Pad.

Kemampuan ini hanya bisa digunakan pada saat Camouflage Bar terisi penuh, namun Anda bisa membatalkannya kapanpun, meskipun bar-nya belum terkuras habis.

Bar akan terisi secara otomatis seiring berjalannya waktu, namun tentu saja tidak instan. Dengan adanya kemampuan ini, Anda bisa membuat musuh kebingungan jika menghilang di tengah pertarungan. Bahkan, proses Stealth pun jadi jauh lebih mudah jika Anda mengeksploitasi kemampuan kamuflase ini.

Visual

Spider-Man: Miles Morales mendapatkan perubahan yang cukup signifikan dari sisi visual, terutama dari aspek pencahayaan, animasi dan tekstur lingkungan. Beberapa animasi kini terasa jauh lebih luwes dibanding prekuelnya.

Perubahan terbesar dari desain karakter tentu saja terletak pada wajah Peter Parker yang kini lebih mirip dengan Tom Holland. Kami sendiri adalah salah satu pihak yang kontra atas perubahan ini.

Kami merasa versi sebelumnya sudah sangat cocok merefleksikan usia Peter yang sudah cukup dewasa karena dalam game ini sendiri diceritakan bahwa usia Peter jauh di atas Miles. Sedangkan, wajah barunya ini justru membuat Peter jadi kelihatan lebih muda dari Miles.

Dari presentasi cerita, game ini masih menghadirkan adegan sinematik yang membuatnya serasa menonton film di bioskop. Dalam adegan-adegan tersebut, biasanya disisipkan Quick Time Event yang mengharuskan Anda menekan tombol yang muncul di layar.

Kami cukup takjub dengan partikel-partikel objek yang hancur karena dibuat sedemikian detail untuk memberikan efek dramatis setiap adegan heroik. Dari sisi desain kostum Spider-Man nya sendiri, meskipun jumlahnya tidak banyak, namun Miles mendapatkan pilihan kostum yang cukup bervariasi dan keren.

Untuk dunianya sendiri, Anda masih akan berkutat di kota New York dengan luas yang kurang lebih sama dengan versi 2018. Namun, tentu saja ada beberapa detail yang baru diimplementasikan dalam game ini seperti hadirnya mural di tembok atau spanduk kampanye Ibu dari Miles.

Sayangnya, untuk versi PS4 nya sendiri tidak dilengkapi fitur Ray Tracing yang selama ini dipamerkan dalam trailer-trailernya. Untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik, Anda perlu memainkannya di konsol PS5.

Audio

Kami ingin memberikan apresiasi kepada Nadji Jeter karena ia mampu menghidupkan karakter Miles Morales dengan sangat baik. Logatnya yang unik mampu menumbuhkan kepribadian Miles yang ceria dan penuh canda.

Meskipun wajah Peter Parker berubah, namun Yuri Lowenthal masih dipercaya untuk mengisi suara dari Spider-Man merah itu. Kami juga cukup gembira saat salah satu pengisi suara favorit kami, Troy Baker, mendapatkan peran sebagai salah satu karakter di game ini.

Dikembangkan oleh tim yang sama, John Paesano kembali dipercaya untuk mengaransemen musik game ini. Berkat karyanya, ia berhasil menghidupkan atmosfer superhero layaknya film layar lebar. Anda tidak perlu khawatir akan kualitas musik yang dihadirkan dalam game ini karena semuanya digarap dengan sempurna.

Kesimpulan

Miles Morales masih sama baiknya dari versi Peter Parker dua tahun lalu, akan tetapi improvisasi dari sisi gameplay-nya tidak terlalu banyak. Ia menghadirkan pengalaman yang 90% mirip dengan apa yang ditawarkan oleh Peter Parker, mulai dari eksplorasinya, pertarungannya, stealth-nya, misi sampingannya, tantangannya hingga pertarungan bossnya.

Yang sedikit berbeda hanyalah sudut pandang cerita, kemampuan Venom Power dan durasi permainan yang lebih pendek saja. Terlepas dari hal tersebut, kami sendiri cukup menyukai karakter Miles Morales. Kami berharap semoga saja ia bisa kembali menjadi karakter playable pada sekuel mendatang.

Kelebihan

  • Kepribadian Miles Morales yang menarik
  • Cerita yang tak kalah seru
  • Presentasi cerita yang sinematik
  • Sistem pertarungan yang memuaskan
  • Kekuatan baru yang spektakuler
  • Sulih suara fantastis
  • Musik ala film-film Marvel
  • Efek komikal ala Into the Spider-verse

Kekurangan

  • Variasi gadget lebih sedikit
  • Durasi permainan lebih pendek
  • Perubahan wajah Peter Parker
  • Konsep misi sampingan tidak banyak berubah

OVERVIEW

TITTLE: Marvel’s Spider-Man: Miles Morales
DEVELOPER: Insomniac Games
PUBLISHER: Playstation Studios
RELEASE DATE: 12 November 2020
PLATFORM: PS4, PS5
GENRE: Action-adventure
MEDIA: Blu-ray, Digital
SIZE: 50.32 GB

Please rate this

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here