Review The King of Fighters: All Star

0
89
5/5 (21)

Review The King of Fighters: All Star – Waralaba King of Fighters punya umur yang cukup panjang. Game besutan SNK ini membuat comeback dengan edisi mobile bertajuk The King of Fighters: All Star. Mengusung tema fighter, game yang diterbitkan oleh Netmarble ini bakal mengajak pemain bertarung dalam balutan beat ’em up.

Untuk pertama kalinya, kalian bisa menikmati seluruh kisah The King of Fighters, mulai dari KOF ’94 sampai ke yang paling baru, KOF XIV, dalam sebuah game beat’em up. Ada lebih dari 200 karakter yang bisa kalian gunakan di sini, mulai dari favorit-favorit kalian, hingga karakter-karakter baru khusus The King of Fighters ALLSTAR. Tapi catatan kecil, untuk saat ini, cerita yang baru diikutsertakan baru mencapai KOF’99 saja, dan cerita selanjutnya akan diberikan via update.

Plot

Diceritakan bahwa pemain berperan sebagai seorang yang kehilangan ingatan, dan ketika dia diserang oleh preman-preman jalanan, seorang gadis cantik menyelamatkan dirinya. Gadis tersebut melihat kemampuan pemain untuk “berubah” menjadi karakter-karakter The King of Fighters seperti Kyo Kusanagi, Ryo Sakazaki, atau Terry Bogard, dan kemudian memberikan sebuah undangan turnamen KOF kepadamu. Berharap ada petunjuk untuk mengembalikan ingatanmu, kamu pun berangkat ikut turnamen KOF bersama dengan gadis tersebut.

Grafik 3D Yang Keren

Satu hal yang membuat game ini tampak luar biasa adalah tampilan 3D-nya yang benar-benar keren. Setiap karakter The King of Fighters direpresentasikan di sini dalam 3D yang tidak mengecewakan, bahkan boleh dibilang jauh lebih bagus dibandingkan 3D yang digunakan di The King of Fighters XIV.

Baca Juga :

Kalian akan bisa mengenali jurus-jurus maut dari setiap karakter favorit kalian yang dianimasikan secara menawan. Dengan balutan lagu khas serta efek-efek suara yang diambil dari game-game KOF, ditambah dengan voice acting otentik untuk setiap karakternya, dijamin kalian akan merasa seperti main The King of Fighters tanpa perlu skill untuk bertarung seperti pada game fightingnya.

Sekilas, permainan dalam KOF: All Star menyajikan suguhan visual yang maksimal. Hal ini juga didukung sama pergerakan yang halus dan memanjakan dalam konfigurasi yang tinggi. Sekilas kita diajak kembali merayakan petualangan side-scrolling sejak judul game ini rilis di mesin arcade.

Berkat eksekusi yang cukup baik, kesan pertama dalam The King of Fighters mampu membuat pemainnya kembali mengarungi petualangan. Kalian bakal dibuat ketagihan untuk membersihkan gerombolan penjahat sambil mengembangkan karakter pilihan.

Dengan membawa puluhan karakter dari sepanjang serial, permainan dalam KOF: All Star menyajikan variasi musuh yang cukup berkesan. Di beberapa kesempatan, karakter bos dari karakter serial game fighting ini mengantarkan pengalaman bermain yang sangat seru.

Kendali Virtual Gamepad

The King of Fighters ALLSTAR adalah sebuah game beat’em up di mana pemain berperan sebagai salah seorang karakter KOF. Pemain menggerakkan karakter tersebut dengan menggunakan sebuah virtual analog di sebelah kiri bawah, dan untuk menyerang musuh, cukup sentuh tombol serang yang berada di bagian bawah kanan layar.

Di sekitar tombol serang tersebut, terdapat beberapa tombol lagi yang berfungsi macam-macam, seperti untuk memblok serangan, melakukan dodge roll, menggunakan jurus maut, dan lain sebagainya. Bahkan kalau kalian tidak mau melakukan semua itu, tersedia juga fungsi AUTO yang akan memainkan game-nya secara otomatis untuk kalian.

Fitur Free-to-Play

The King of Fighters ALLSTAR adalah sebuah game free-to-play, jadi game ini pun memiliki beberapa fitur free-to-play yang biasanya ada di game-game lain, seperti sistem stamina bernama AP, serta mikrotransaksi untuk membeli mata uang premium yang bisa digunakan untuk Gacha. Namun ada beberapa catatan pada fitur-fitur ini.

Seperti biasanya game-game free-to-play yang berukuran besar seperti ini (The King of Fighters ALLSTAR saat ini berukuran 1.8GB), pemain wajib menghubungkan dirinya ke Internet untuk bisa bermain. Sebagai catatan, kalian wajib menggunakan koneksi WiFi atau LTE, karena game-nya menolak untuk menghubungkan diri ke server apabila kalian masih menggunakan koneksi mobile data 3G.

Karakter

Mengambil bentuk ARPG, King of Fighters: All Star bakal membuat pemainnya mengoleksi karakter petarung. Seiring waktu kita bakal menyelesaikan Story Mode sambil mengasah kemampuan bertarung tiap karakter. Untuk mempercepatnya juga bakal ada item yang bisa kita pakai dan diperoleh setiap menyelesaikan stage.

Enggak banyak pengembangan karakter yang rumit. Di sini pemain hanya akan menaikkan level karakter serta peringkat bintang yang bia dilakukan dengan menggabungkan kedua petarung yang sama. Memang ada investasi waktu yang enggak sedikit untuk memaksimalkan potensi karakter.

Dengan genre ARPG dan pengembangan yang sederhana, King of Fighters: All Star membawa petualangannya jadi lebih mudah dimainkan. Apalagi jika bicara soal perilisannya yang membawa banyak promosi.

Jika dibandingkan, banyak karakter yang berpotensi untuk tampil overpowered. Meski begitu jumlahnya cukup banyak sehingga pemain bisa menaikkan karakternya hingga potensi maksimal, konten endgame dari King of Fighters: All Star bisa dibilang aman dan enggak memberatkan.

Mode Fighting

Waralaba King of Fighters dikenal sebagai waralaba game fighting yang cukup kuat. Banyak perubahan menarik terjadi dari sepanjang rilisan serial ini. Salah satu mode yang cukup menarik adalah kehadiran side scrolling dari permainan single player yang seolah-olah memberi petualangan.

Di antara mode beat ’em up atau mekanik tarung klasik, tentunya setiap orang punya preferensi tersendiri. Meski begitu, kehadiran The King of Fighters: All Star jadi salah satu sajian yang cukup baik. Didukung oleh variasi karakter, kualitas grafis, hingga permainan yang halus membuat mode single player miliknya sangat berkesan.

Di dalam mode beat ’em up, teknik bertarung masing-masing karakter terkesan mirip. Belum lagi kombinasi pukulan yang lebih pendek dari biasanya. Hal ini juga berdampak pada peningkatan damage ketika kita menaikkan level karakter.

Mungkin, permainan yang bertumpu pada pengembangan karakter ini enggak cocok buat kalian yang menggemari King of Fighters sebagai game tarung. Meski begitu, kalian bisa melihat kalau intensi Netmarble dalam menciptakan KOF: All Star ini memang membuat seri KOF menjadi sebuah game ARPG.

Gacha

Tarikan Gacha Pertama yang Bersahabat
Biasanya untuk game-game seperti ini, tarikan pertama Gacha pemain adalah yang menentukan apakah pemain akan mendapatkan karakter favorit atau tidak. Kalau gagal, pemain akan menghapus game-nya, lalu meng-install ulang dan menarik kembali Gacha-nya.

Proses ini makan waktu, sehingga Netmarble pun dengan sengaja memberikan sebuah Gacha khusus di mana pemain bisa melakukan Retry pada proses Gacha pertama pemain agar bisa mendapatkan satu karakter bintang lima yang diinginkan. Ditambah dengan sebuah tiket yang membolehkan pemain untuk memilih satu karakter dengan rarity 5 bintang, dijamin pemain akan bisa mendapatkan paling tidak dua karakter favorit berbintang lima di awal permainan.

Epik dan mudah dimainkan, itulah The King of Fighters ALLSTAR yang merupakan game action bertempo cepat. Jika kalian adalah penggemar karakter-karakter KOF, namun merasa game fighting-nya terlalu sulit untuk dimainkan, kalian akan menyukai The King of Fighters ALLSTAR.

Ketika membawakan bentuk ARPG, tentunya banyak yang khawatir sama sistem Gacha atau Summon di dalam game ini. Memang, Netmarble mengembangkan sistem Summon yang masih mirip dengan kebanyakan game ARPG lainnya. Untungnya kehadiran Ruby di game ini cukup mudah didapatkan dan pemain freemium bisa sedikit lega.

Melihat masa depan game ini, konten player versus environment (PVE) lewat mode petualangannya memang terkesan membosankan. Meski begitu, semua bakal balik lagi ke kemampuan pemain mengoleksi serta mengembangkan karakter tertentu. Selain Gacha, beberapa karakter juga bisa dikoleksi dengan mengalahkannya di petualangan.

Tim yang dibentuk dalam permainan bakal membuat siapapun harus punya kombinasi terbaik untuk bisa menang. Meski punya karakter kuat, semua juga bakal kembali ke kemampuan pemain melangsungkan kombinasi ketika melawan musuh.

Buat sebagian orang, game ARPG tentu terkesan membuang-buang waktu. Padahal, dengan permainan yang cukup berkesan serta puluhan karakter yang membangkitkan nostalgia jadi proses yang bisa dinikmati. Jika mampu menghadirkan formula dan mekanik fighting dalam seri terdahulunya, bukan enggak mungkin kalau King of Fighters: All Star bakal jadi salah satu suguhan game fighting mobile yang sangat menarik.

Download The King of Fighters: All Star

Judul:The king of fighters: all star
Genre: Fighting, beat em up
Developer: SNK
Publisher: Netmarble
Release Date: 22 October 2019
Link Download: Play Store

Please rate this

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here